"Indonesia adalah negara besar, negara dengan lautan, salah satu yang terluas di dunia"
Jakarta, 17/8 (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan berbagai pihak untuk dapat merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia dengan menjaga laut dan sumber daya yang terkandung di dalamnya.

"Saya ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-73. Indonesia adalah negara besar, negara dengan lautan, salah satu yang terluas di dunia," kata Menteri Susi dalam akun media sosialnya yang dipantau di Jakarta, Jumat pagi.

Untuk itu, ujar Menteri Susi, sudah selayaknya maka seluruh kalangan rakyat di Nusantara untuk dapat bersama-sama menjaga lautan Indonesia yang sehat untuk masa depan bangsa.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk mengikuti aksi nasional "Menghadap ke Laut pada 73 Titik" pada tanggal 19 Agustus 2018 untuk melakukan bersih-bersih di kawasan perairan nasional.

"Gerakan Pandu Laut Nusantara ingin mempersembahkan aksi nasional, yang sudah diidentifikasi ada 73 titik, namun bukan berarti kawan-kawan lainnya tidak bisa melakukan di titik-titik lainnya," ujarnya.

Gerakan tersebut, lanjut Susi, dilakukan dengan menghadap laut, guna menunjukkan cita-cita dan menunjukkan kepedulian terhadap kawasan perairan dengan cara memungut sampah terutama plastik dan benda lainnya yang tidak bisa didaur ulang oleh alam.

Ia mengatakan aksi tersebut juga untuk mengingatkan berbagai pihak mengenai bahaya sampah plastik di lautan. Selain itu, Indonesia juga telah berkomitmen untuk mengurangi  70 persen sampah plastik di lautan pada tahun 2025.

"Saya mengimbau kepada semua bangsa Indonesia, rakyat Indonesia, anak-anak muda Indonesia yang menginginkan Indonesia menuju poros maritim dunia dan menjadikan laut masa depan bangsa, bersama-sama Pandu Laut menghadap ke laut pada 19 Agustus 2018 jam 15.00 WIB di 73 titik dan di titik-titik lainnya seperti di sungai boleh, di danau pun juga boleh," ujar Susi.

Baca juga: Menteri Susi ajak warga menghadap ke laut pada 19 Agustus
Baca juga: Menteri Susi bentuk "Pandu Laut Nusantara" satukan pecinta laut
 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018