Veteran: 73 tahun merdeka, Papua banyak berubah

Veteran: 73 tahun merdeka, Papua banyak berubah

Siswi terpilih asal Papua Barat, Maimuna Yuni A Ramar, usai pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional di Istana Negara, Jakarta oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (15/8/2018). (Bayu Prasetyo)

Masih banyak anggota veteran yang sangat membutuhkan bantuan pemerintah untuk mendapatkan rumah layak huni serta tunjangan hidup hari tua,
Biak,  (ANTARA News) - Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Biak-Supiori, Papua Yacob Rumpaidus (85) mengakui selama 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia telah banyak kemajuan pembangunan di tanah Papua.

"Perubahan pembangunan yang paling nyata dirasakan saat ini yakni warga Papua dapat menikmati kemajuan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta kebebasan berekspresi menyatakan pendapat di muka umum," kata Yacob seusai menghadiri upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73, Jumat.

Dia mengajak para generasi muda Papua dapat mensyukuri nikmat kemerdekaan 73 tahun yang telah dirasakan masyarakat di berbagai kampung.

Jacob berharap pemerintah dan dinas terkait senantiasa memperhatikan aspirasi masyarakat di berbagai kampung untuk program pembangunan yang langsung menyentuh kebutuhan warga.

Diantaranya, kebutuhan warga di berbagai kampung yang perlu mendapat perhatian Pemkab Biak, seperti pembangunan rumah layak huni, fasilitas air bersih, listrik dan sarana transportasi di daerah pedalaman.

Untuk sektor pendidikan, perlu diperbanyak kesempatan belajar dan beasiswa untuk melanjutkan hingga mengikuti program doktor (S3), dan di bidang kesehatan, pentingnya fasilitas sarana kesehatan yang lengkap dan pemberdayaan ekonomi masyarakat asli Papua.

"Saya juga berharap Pemkab Biak Numfor dapat memberikan kemudahan kepada pelaku usaha kecil menengah orang asli Papua untuk mendapat akses permodalan," katanya.

Jacob mengakui di Kabupaten Biak Numfor dan Supiori sampai pada 2018 terdapat 58 anggota veteran yang masih hidup dan memerlukan perhatian di hari tuanya.

"Masih banyak anggota veteran yang sangat membutuhkan bantuan pemerintah untuk mendapatkan rumah layak huni serta tunjangan hidup hari tua," harapnya.

Pada upacara deti-detik hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, dipimpin pelaksana tugas Bupati Biak, Herry Ario Naap. Sejumlah anggota veteran Biak-Supiori yang sudah berusia lanjut tampak hadir memberikan semangat kepada generasi muda Kabupaten Biak Numfor.*

Baca juga: SBY hadiri perayaan kemerdekaan Indonesia di Singapura

Baca juga: PLN gelar upacara bendera di pulau terdepan


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar