Jakarta (ANTARA News) - Chinese Taipei sukses membekuk Korea 87-85 lewat babak waktu tambahan atau overtime, setelah di waktu normal kedua tim sama kuat 73-73, dalam laga lanjutan penyisihan Grup X bola basket putri Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat.

Kemenangan kedua yang diraih memperbesar peluang tim besutan Albert Wagner itu melangkah ke babak gugur, jika bisa mempertahankan hasil positif di dua laga selanjutnya menghadapi India pada Minggu (19/8) dan tuan rumah Indonesia dua hari berselang.

Sebaliknya bagi Korea, yang sudah merengkuh satu kemenangan dan satu kekalahan, peluang mereka tetap terbuka jika bisa memperbaiki hasil mereka di dua laga terakhir, yakni kontra India pada Senin (20/8) dan Kazakhstan pada Selasa (21/8).

Szuchin Peng kembali menjadi bintang kemenangan Taipei dengan mengemas 21 poin, diikuti kapten tim Pingjen Huang 17 poin serta Ihsiu Cheng 15 poin.

Rendahnya akurasi tembakan tiga angka yang dicapai Korea, hanya dua kali masuk dari 27 percobaan, menjadi salah satu faktor kekalahan mereka di laga tersebut, meskipun bintang Korea Utara Ro Suk-yong memborong 32 poin, diikuti dua rekannya dari Korea Selatan Kim Han-byul 26 poin dan Lim Yung-hui 10 poin.

Baca juga: Pelatih basket putri sebut timnya gugup, tapi soal kekalahan ia pasang badan

Baca juga: Basket putri ikuti jejak putra, takluk di tangan Korea


Selain Peng, Huang dan Cheng, Wagner menurunkan Hsile Bao dan Yuting Lin sebagai sekawan pemula di awal laga bagi Taipei.

Sementara pelatih Korea Lee Moon-kyu mengutus Park Hye-jin dan Jang Mi-gyong menjadi sekawan pemula mendampingi Suk-yong, Han-byul dan Yung-hui.

Sempat unggul 23-21 di kuarter pertama, Korea malah tertinggal ketika mereka tak terlalu produktif di kuarter kedua, membiarkan Taipei merebut keunggulan 43-40 atas sang lawan kala menyudahi paruh pertama pertandingan.

Di tengah laga yang berjalan ketat, Korea berhasil menyamakan kedudukan 73-73 lewat tembakan dari paint area oleh Hye-yon di sisa waktu enam detik jelang waktu normal berakhir, memaksa laga dilanjutkan ke waktu tambahan.

Tembakan tiga angka Huang di awal-awal overtime menjadi pembeda yang membuat skor 78-75 untuk Taipei, sejak itu meski skor terus berjalan ketat Taipei tetap memiliki keunggulan sampai akhirnya mereka berhasil memastikan kemenangan 87-85 atas Korea.

Baca juga: Hasil dan klasemen basket putri, Indonesia peringkat keempat

Baca juga: Tim basket muda Jepang bekap Hong Kong 121-44

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018