Jakarta (ANTARA News) - Tim polo air putri China kembali meraih dua poin penuh setelah menekuk Jepang 12-8 pada pertandingan cabang polo air putri Asian Games 2018 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta Jumat.

Kedua tim, yang merupakan tim unggulan, saling berbalas menyerang pada kuarter pertama dengan Jepang beberapa kali melakukan tembakan ke gawang China namun masih meleset.

China memecah kebuntuan terlebih dahulu lewat gol Jing Zhang pada pertengahan kuarter pertama.

Lini serang Jepang masih tumpul hingga kuarter pertama usai dan malah kebobolan dua gol lagi yang membuat skor 0-3 untuk keunggulan China.

Tim China tak hanya memiliki kiper tangguh, Lin Peng, namun beberapa kali pemain belakang mereka menepis tembakan tim Jepang di depan gawang.

Jepang memiliki sejumlah peluang emas, namun Lin Peng masih terlalu tangguh menjaga gawang China.

Jepang hanya memasukkan satu gol lewat pemian bertahan mereka Shino Magariyama, sementara  China memperlebar jarak dengan tiga gol tambahan.

Skor 1-6 untuk keunggulan China di kuarter kedua.

Shino Magariyama kembali menyumbangkan satu gol bagi Jepang di kuarter ketiga dan hampir menambah gol lagi lewat tembakan penalti yang masih bisa ditepis kiper China.

Jepang kembali mendapatkan hadiah penalti setelah Xiao Chen melakukan pelanggaran. Penalti dieksekusi dengan baik oleh pemain belakang Jepang Akari Inaba.  

Akari Inaba kembali menyumbang gol bagi Jepang lewat tembakannya dari sisi kiri ke gawang Lin Peng.

China kali ini hanya mampu melesakkan dua gol ke gawang Jepang untuk mengakhiri kuarter ketiga dengan skor 4-8 untuk keunggulan China.

Jepang tampil all out untuk mengejar ketertinggalan empat gol di kuarter keempat.

Jepang dan China menampilkan permainan yang ketat dengan saling balas gol di kuarter terakhir.

Kedua tim sama sama mencetak empat gol yang mengakhiri pertandingan dengan skor 12-8 untuk kemenangan China.

"Kami bermain bagus tadi, memulai dengan kuat, tapi tim China lebih kuat. Terlebih lagi pemain China berenang sangat bagus dan cepat. Mereka sangat kuat," kata pelatih Makihiro Motomiya usai pertandingan.

Motomiya juga mengakui ketangguhan kiper China yang bermain bagus petang itu.

"Mereka memiliki penjaga gawang yang bagus, tinggi dan besar," kata Motomiya.

Sementara itu bintang tim China Guannan Niu mengakui kemenangan melawan Jepang hari itu sangat lah penting.

"Sangat lah penting bisa memenangi pertandingan ini karena kami mempersiapkan diri untuk Tokyo 2020. Menang di Asian Games menjadi langkah pertama kami untuk itu," kata Niu.

China kokoh di puncak dengan empat poin di klasemen sementara hingga hari kedua pertandingan polo air putri Asian Games.

Pada pertandingan berikutnya China akan bertemu dengan Indonesia pada Minggu, sementara Jepang akan menghadapi Thailand.    

Baca juga: Indonesia menang dramatis 9-8 lawan Hong Kong


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018