Saya pakai adat Palembang, saya dibesarkan di sana dan kebetulan akan ada Asian Games di Palembang. Ini menandakan Indonesia bukan hanya Jawa
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mempromosikan Asian Games dengan mengenakan pakaian adat Palembang ketika memimpin upacara.

"Saya pakai adat Palembang, saya dibesarkan di sana dan kebetulan akan ada Asian Games di Palembang. Ini menandakan Indonesia bukan hanya Jawa," kata Menhub Budi Karya di Jakarta, Jumat.

Acara peringatan Kemerdekaan RI di Kementerian Perhubungan berlangsung penuh khidmat. Baik inspektur upacara maupun peserta yang menggunakan pakaian adat.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Dalam sambutannya, Budi Karya meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemenhub untuk lebih bersemangat dari hari-hari sebelumnya.

"Kebanggaan, semangat Kemerdekaan itu modal yang sangat luar biasa untuk membangun kekompakan, komitmen yang terbaik untuk bangsa," kata Menhub.

Kemerdekaan ini, kata Menhub, harus terus digelorakan apalagi di tengah keraguan sebagian orang tentang NKRI maka semua harus menggelorakan semangat kebangsaan. "Indonesia harus satu, Indonesia semangat dan memberikan satu perjuangan untuk bangsa," tegasnya.

Budi Karya melanjutkan, Kemenhub sebagai salah satu kementerian riil yang berdampak kepada masyarakat, harus memberikan contoh. Salah satunya adalah kegiatan yang bersejarah yaitu upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Seperti saya dan peserta menggunakan pakian adat, ini menunjukan bahwa kita begitu mencintai dan komitmen terhadap NKRI," tutur Menhub.

Baca juga: Menhub pastikan atlet ke arena kurang dari 30 menit
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018