Pemerintah siaga cegah asap jelang Asian Games

Pemerintah siaga cegah asap jelang Asian Games

Arsip Foto. Anggota Manggala Agni berusaha memadamkan api saat kebakaran lahan di desa Ibul Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, Sabtu (28/7/2018). Tim Manggala Agni dibantu TNI dan Polres setempat berupaya memadamkan api yang melanda sekitar tiga hektare lahan, tapi terkendala minimnya pasokan air karena kekeringan. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah siap siaga mencegah dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan agar pelaksanaan Asian Games, utamanya di Palembang (Sumatera Selatan), tidak terdampak asap, kata Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ruandha Agung Sugardiman.

"Secara kesiapan, baik personel, peralatan, koordinasi, kami sudah siap di lapangan," kata Ruandha saat dihubungi Antara, Jumat. 

Ia mangatakan patroli terpadu pencegahan kabakaran hutan dan lahan dilakukan dengan melibatkan instansi lintas sektor termasuk tim Manggala Agni, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, dan Masyarakat Peduli Api.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Palembang dan sekitarnya tidak perlu cemas akan api pada saat Asian Games di Palembang dan Jakarta," tuturnya. 

Dia juga mengimbau warga tidak membuka lahan dengan melakukan pembakaran karena selain menimbulkan asap juga berdampak pada peningkatan emisi gas rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim. 

Indonesia akan menjamu kontingen dari 45 negara, yang meliputi lebih dari 11.000 atlet dan 5.500 petugas, dalam Asian Games ke-18 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus sampai 2 September.

Dalam beberapa hari terakhir jumlah titik panas indikasi kebakaran hutan dan lahan bertambah di beberapa daerah di Sumatera seperti Riau dan kondisi itu menimbulkan kekhawatiran bahwa asap akibat kebakaran hutan dan lahan akan mengganggu pelaksanaan Asian Games.

Baca juga:
Titik panas indikasi kebakaran hutan tersebar di Pulau Sumatera
BMKG deteksi 103 titik panas di Riau

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar