Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk (BTN) akan meningkatkan penyaluran kredit pemilikan rumah di Bengkulu setelah memperhatikan kondisi menggeliatnya perekonomian dan kebutuhan konsumsi di provinsi tersebut.

"Kami melihat bahwa potensi ekonomi di sini menunjukkan adanya pertumbuhan yang sangat baik, dilihat dari permintaan perumahan khususnya KPR Subsidi yang luar biasa, sehingga ini menjadi hal yang utama bagi BTN," ujar Direktur Utama BTN Maryono usai menjadi inspektur upacara HUT ke-73 RI di Bengkulu, Jumat.

Melalui keterangan tertulis, Maryono menjelaskan permintaan KPR subsidi di Bengkulu, mayoritas datang dari pegawai negeri sipil (PNS) dan pekerja informal. Untuk penyediaan KPR subsidi ini selain bekerja sama dengan pemerintah daerah, BTN juga berencana memfasilitasi pembiayaan perumahan bagi kepolisian.

"Dalam waktu dekat kerja sama dengan polri untuk penyediaan rumah bagi aparat kepolisian di daerah Bengkulu," katanya.

Sementara itu, Deputi bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menuturkan di Bengkulu ada 17 BUMN, namun skala bisnisnya masih kecil dan menengah.

Pada 2017, Menteri BUMN Rini Soemarno mengajak para pimpinan BUMN ke Bengkulu untuk melihat potensi ekonomi yang bisa dikembangkan.

"BUMN melihat potensi Bengkulu antara lain pelabuhan dan kini sedang dikaji jalur kereta api dari Sumatera Selatan langsung ke Bengkulu," kata Fajar.


BUMN Hadir

Lebih lanjut Maryono menjelaskan, untuk peringatan HUT ke-73 RI tahun ini, BTN mendapatkan penugasan pengembangan potensi ekonomi di Bengkulu.

Tempat ini, kata Maryono, istimewa karena memiliki sejarah yang kental dengan perjuangan kemerdekaan. Terlebih acara peringatan HUT RI pada tahun ini dipusatkan di Rumah Pengasingan Bung Karno.

"Jadi memang yang memilih Bengkulu ini adalah BUMN, dua kali kita mendapatkan tempat yang sangat bersejarah dalam pelaksaan HUT RI yaitu Gorontalo tempat di mana pertama Bung Karno mendarat di?Sulawesi yaitu Danau Limboto dan di Bengkulu yang merupakan tempat pengasingan Bung Karno," katanya.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan di Bengkulu sebagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Sebelumnya sudah dilakukan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di mana telah dikirimkan sekitar 20 siswa terpilih di Provinsi Bengkulu ke Mamuju, Sulawesi Barat.

Sekarang siswa-siswa tersebut sudah kembali ke Bengkulu dan diharapkan dapat membagi pengalaman kepada teman-teman mereka untuk meningkatkan cinta Tanah Air.
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018