Jakarta (ANTARA News) -  Tim bulu tangkis putra Jepang melangkah ke babak perempat final nomor beregu putra setelah menang telak atas tim Malaysia 3-0 pada pertandingan yang digelar di Istora Senayan, Minggu.

Tunggal putra pertama Jepang, Kento Momota membuka keunggulan tim Matahari Terbit tersebut dengan menang dua gim langsung atas Daren Liew 21-13, 21-14.
 
Meskipun pada awal gim pertama Momota sempat tertinggal, namun pemain yang kini berada di peringat empat dunia tersebut dapat membalikkan keadaan dan selalu unggul hingga pertandingan berakhir.

“Lawan memiliki serangan yang kuat sesuai perkiraan saya. Tetapi, saya bisa bertahan dengan sangat baik pada pertandingan ini,” kata Momota usai pertandingan.

Namun demikian, pemain berusia 23 tahun tersebut mengaku harus bermain lebih baik lagi di pertandingan berikutnya karena Jepang menargetkan meraih medali emas dari nomor beregu putra bulu tangkis.

Jepang dapat menggandakan keunggulan melalui ganda putra mereka yang kini berada di peringkat lima dunia Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang mengalahkan Goh Wei Shem/Tan Wee Kiong dua gim langsung 21-18, 21-18.

Pada pertandingan tersebut, tim Jepang yang lebih unggul peringkat juga tidak mengalami kesulitasn menaklukkan pasangan Malaysia yang kini berada di peringkat 24 dunia.

“Kami sudah bermain baik dan kami menyadari harus bermain baik karena setiap pertandingan di nomor beregu sangat penting. Tetapi lawan memiliki pukulan cepat. Itu keunggulan mereka,” kata Tan.

Sedangkan Kamura mengaku senang atas kemenangan yang ia peroleh sehingga bisa menyumbang angka untuk tim agar bisa melaju ke babak berikutnya dan meraih emas.

Jepang pun memastikan satu tempat di perempatfinal setelah tunggal putra kedua mereka Kenta Nishimoto menang 21-18, 21-17 atas tunggal kedua Malaysia Lee Zii Jia.

Pertandingan ketiga tersebut berlangsung cukup alot di gim kedua karena kedua pemain saling berkejaran angka. Bahkan Lee sempat unggul 10-7 namun Nishimoto yang bermain lebih tenang dapat membalik keadaan hingga unggul 11-10.

Nishimoto yang kini berada di peringkat 10 dunia tersebut memastikan kemenangan setelah bola pengembalian Lee dinyatakan keluar lapangan.

Pada babak perempatfinal, Jepang akan bertemu lawan yang cukup sulit yaitu pemenang antara Korea dan Thailand.

Sementara itu, di pertandingan lain di beregu putri tim Chinese Taipe menang telak atas Pakistan 3-0. Chinese Taipe akan berhadapan dengan Thailand di babak perempatfinal.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018