Jakarta (ANTARA News) - Asian Festival, sebuah acara sela pagelaran Asian Games 2018, yang menyajikan kuliner, fesyen, suvenir, serta hiburan musik, menjadi alternatif bagi penonton yang kehabisan tiket pertandingan.

Dhuita Pasthika, penonton asal Balikpapan, awalnya berniat menonton pertandingan bola basket di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu. 

Namun, antrean penonton yang kian panjang dan pengumuman dari panitia bahwa tiket pertandingan beberapa cabang olahraga sudah habis, membuatnya pesimistis untuk mendapat tiket pertandingan olah raga favoritnya itu. 

"Jika tidak kebagian tiket pertandingan basket, saya mau membeli untuk tiket festival, lumayan sepertinya menarik, atau tiket cabang olahraga lainnya," kata Dhuita yang datang bersama sepupunya.

Di loket penjualan tiket yang terletak di Pintu 5 GBK, memang tiket beberapa cabang olahraga (cabor) sudah habis, seperti bulutangkis, dan polo air.

Beberapa penonton yang tidak kebagian tiket pertandingan, akhirnya memilih melihat Asian Festival di lingkungan dalam GBK yang memiliki beberapa zona, antara lain, Zona Atung, Paviliun dan Bhin-Bhin. Harga tiket untuk menyaksikan Asian Festival itu sebesar Rp25 ribu.

"Daripada sudah jauh-jauh tidak kebagian tiket pertandingan, ya tidak apa-apa liat festival. Kalau tidak, nanti saya cari tiket untuk pertandingan anggar," ujarnya.

Dengan memasuki kawasan Asian Festival, penonton juga dapat menggunakan "shuttle bus" di dalam kawasan GBK untuk berkeliling kawasan GBK.

Di Zona Bhin-Bhin dan Atung, pada Minggu malam ini akan terdapat juga acara musik. Namun pihak panitia yang berada di lapangan belum dapat memastikan kehadiran bintang tamu dalam acara musik tersebut.

Beberapa gerai yang hadir di Asian Festival antara lain, gerai makanan-minuman, pakaian olahraga dan suvenir yang bercirikan negara-negara di Asia. Terdapat juga gerai perbankan seperti PT. Bank Mandiri Persero Tbk, PT. Bank Negara Indonesia Persero Tbk, dan PT. Bank Tabungan Negara Persero Tbk yang menyediakan layanan pembelian uang elektronik.

Hingga pukul 15.00 WIB, Minggu, kondisi Asian Festival tersebut masih lengang. 

Asian Festival iini akan diselenggarakan hingga Asian Games 2018 selesai pada 2 September 2018.***3***
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018