Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim nasional U-23 Pakistan menekuk timnas U-23 Nepal dengan skor 1-0 di laga terakhir Grup D, Minggu, di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat.

Timnas U-23 Nepal unggul terlebih dahulu di paruh pertama akibat gol bunuh diri bek Pakistan Shahbaz Younas di menit ke-12. Pakistan menorehkan dua gol di babak kedua melalui Muhammad Bilal di menit ke-54 dan Saddam Hussain pada menit ke-72.

Kekalahan itu membuat timnas U-23 Nepal dipastikan tersingkir dari sepak bola putra Asian Games 2018. Sementara Pakistan masih mungkin lolos dengan aturan peringkat tiga terbaik kompetisi, meski ini sulit karena Pakistan baru mencatatkan satu kemenangan dari tiga pertandingan.

Adapun dalam pertandingan tersebut, pelatih timnas U-23 Nepal Gyotoku Koji menurunkan Rohit Chand, pemain senior Nepal juga gelandang yang bermain di Liga 1 Indonesia bersama klub Persija Jakarta, sejak menit pertama bersama pemain senior lainnya yakni Bishal Rai dan penjaga gawang sekaligus kapten Kiran Kumar Lambu.

Sementara di skuat timnas U-23 Pakistan, pelatih berkebangsaan Brazil Jose Antonio Nogueira memasang dua pemain seniornya sejak menit awal yakni penyerang sekaligus kapten Saddam Hussain dan gelandang Mahmood Khan.

Hasilnya, Nepal tampil menguasai pertandingan dari awal laga. Tekanan demi tekanan yang mereka lancarkan kemudian berbuah hasil di menit ke-12, saat tendangan Rohit Chand dibelokkan oleh bek Pakistan Shahbaz Younas ke gawang sendiri.

Setelah itu, Nepal memiliki peluang mencetak gol lainnya seperti melalui sepakan gelandang Mansoor dan Muhammad Riaz yang berhasil diselamatkan penjaga gawang Hanif Saqib.

Pakistan yang mengandalkan serangan balik juga mempunyai kesempatan menorehkan gol, tetapi tidak ada yang bisa menembus gawang Nepal. Skor 1-0 pun bertahan sampai jeda pertandingan.

Di babak kedua, Pakistan berbalik menekan Nepal dan berbuah hasil tujuh menit kemudian setelah paruh kedua dimulai melalui sundulan pemain pengganti Muhammad Bilal memanfaatkan sepakan bebas.

Tak sampai di sana, Pakistan kembali menambah pundi-pundi gol di menit ke-72. Pelanggaran Rohit Chand di kotak penalti membuat wasit Baraa Aisha dari Palestina memberikan tendangan penalti kepada Pakistan.

Penyerang Saddam Hussain pun tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan membuat skor menjadi 2-1 yang bertahan sampai laga berakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-23 Pakistan: Hanif Saqib, Muhammad Uyar Hayat, Mohsin Ali, Mehdi Hassan, Mansoor (78', Noman), Mahmood Khan (87', Ali Arslan), Muhammad Riaz, Shahbaz Younas, Zainul Abideen Ishaque, Saddam Hussain (kapten), Adeei Ali (46', Muhammad Bilal).

Timnas U-23 Nepal: Kiran Kumar Limbu (kapten), Ananta Tamang, Aditya Chaudhary, Bihsal Ray, Suman Lama (86' Bal Sunil), Bimal Gharti Magar, Tej Tamang (77', Heman Gurung), Kamal Shrestha, Dinesh Rajbanshi, Rijal Abishek (67', Hemant Thapa Magar), Rohit Chand. 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018