Google tutup layanan Goggles

Google tutup layanan Goggles

Pengumuman Google Goggles tutup di aplikasi Goggles untuk Android. (ANTARA News/Tangkapan layar Google Goggles)

Jakarta (ANTARA News) - Google menghapus salah satu layanan lawas buatan mereka untuk pencarian gambar, Google Goggles, per Agustus ini.

Bagi yang belum pernah mendengar Google Goggles, layanan ini dirancang untuk melakukan pencarian berdasarkan gambar. Googles dapat mengidentifikasi gambar dan membaca kode QR dan memberikan informasi mengenai gambar tersebut, jika berada dalam database mereka.

Menurut laman Android Police, Google Goggles untuk pertama kalinya diperbarui sejak 2014 lalu, sayangnya berisi perpisahan.

Antara mencoba memasang aplikasi yang masih tersedia di Google Play Store ini. Setelah aplikasi terpasang, muncul pemberitahuan bahwa Googles sudah tidak aktif lagi, pengguna disarankan beralih ke Google Lens.

Google Lens saat ini baru tersedia di sejumlah perangkat berbasis Android, antara lain Google Pixel, Samsung Note 8 dan beberapa model ponsel dari Sony.

Lensa pintar dari Google ini mampu mengenali objek dalam gambar dan memberikan informasi tentang objek tersebut, berkat kecerdasan buatan yang disematkan dalam Lens.

Google Goggles berjalan sejak 2009 lalu, beberapa laman berita menyebut aplikasi “jadul” ini kehilangan peminat sejak beberapa tahun belakangan, terutama ketika penggunaan kecerdasan buatan semakin berkembang.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar