Palembang (ANTARA News) - Aroma persaingan tingkat Asia Tenggara bakal tersaji di nomor ganda campuran cabang tenis Asian Games 2018 seiring dengan pasangan Indonesia Aldila Sutjiadi (23)/Christopher Rungkat (28) yang mampu melaju ke putaran tiga.

Duet Merah Putih unggulan 11 itu, mampu melalui putaran kedua ganda campuran Asian Games 2018 di Lapangan Tenis Jakabaring, Palembang, Minggu,  dengan menepiskan perlawanan Sarah Mahboob Khan/Muzammil Murtaza (Pakistan) dalam pertarungan straight set dengan skor akhir 6-3, 6-2.

"Kami sempat mengalami kesulitan menyesuaikan ritme permainan pada awal pertandingan tadi untung bisa cepat menyesuaikan dan ambil kesempatan," ujar Aldila di Jakabaring, Palembang, Minggu.

Bagi Christopher, dia dan Aldila masih harus melakukan banyak penyesuaian, pasalnya, selain keduanya baru dipasangkan, mereka juga belakangan lebih banyak bermain di ganda putra atau putri ketika tidak bermain tunggal.

"Memang perlu banyak penyesuaian untuk bermain ganda campuran karena sangat berbeda dengan ganda putra atau putri. Namun setelah diskusi tadi, kami sepakat untuk saling mengcover akhirnya menemukan jalan keluar," tutur Christopher.

Dan pada putaran ketiga, aroma persaingan antar negara Asia Tenggara kian menyeruak. Pasalnya Aldila/Christo bakal menghadapi pemenang laga antara unggulan kedelapan, Nicha Lertpitaksinchai/Sanchai Ratiwatana (Thailand) atau Francis Casey Alcantara/Kathrina Lehnert (Filipina).

"Siapapun pemenangnya kami siap dan optimis dapat mengalahkannya," tutur Christopher.

Di final SEA Games 2017, Christo yang ketika itu berpasangan dengan Jessy Rompies kalah dari Nicha/Sanchai.

"Dengan Aldila, saya yakin bisa menang karena gaya bermainnya yang enerjik tapi lebih sabar dan dengan kemenangan ini juga saya pikir akan jadi modal di putaran berikutnya dan ke depannya," ucap Christopher menambahkan.

Selain Christopher/Aldila, ganda campuran Indonesia juga diwakili oleh David Agung Susanto/Jessy Rompies yang akan menghadapi Ji Hee Choi/Young Seok Kim (Korea Selatan) di putaran perdanannya.

Adapun di nomor ganda putra, Anthony Susanto/David Agung Susanto berhasil melaju ke putaran kedua Asian Games 2018. Duet kakak-beradik itu tampil perkasa, memenangi laga perdana menghadapi pasangan Maladewa, Faai Fazeel Abdulla/Saai Waheed Ahmed dengan straight set 6-1, 6-0.

Sayangnya, ganda tuan rumah ini sudah harus berjibaku dengan unggulan teratas, Rohan Bopanna/Divij Sharan (India) di babak kedua, Senin.

"Pokoknya kami akan bermain maksimal di babak kedua tanpa memikirkan reputasi lawan," kata David setelah memenangi putaran pertama.

Pada Senin (20/8), David juga akan melakoni partai perdana ganda campuran berpasangan dengan Jessy ‘Echi’ Rompies. David/Echi akan meladeni duet Korea, Ji Hee Choi/Young Seok Kim.

Bila sukses melewati hadangan perdana, duet Merah Putih itu sudah ditunggu seeded teratas, Makoto Ninomiya/Yasutaka Uchiyama (Jepang) yang mendapat bye di babak awal.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018