Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim nasional U-23 Bangladesh berhasil lolos ke babak 16 besar Asian Games 2018 setelah menaklukkan Qatar 1-0di laga terakhir Grup B sepak bola putra Asian Games 2018, Minggu.

Satu-satunya gol di laga itu ditorehkan oleh kapten timnas U-23 Bangladesh Jamal Bhuyan di menit ke 90+3.

Hasil tersebut membuat Bangladesh menduduki peringkat kedua klasemen akhir Grup B dengan mengoleksi empat poin dari tiga laga. Mereka mengungguli Thailand di peringkat ketiga dengan dua poin dan Qatar di posisi juru kunci dengan satu poin.

Bangladesh lolos ke 16 besar bersama pimpinan klasemen Uzbekistan yang memiliki sembilan poin setelah tidak terkalahkan di tiga laga Grup B.

Di babak perdelapan final, Bangladesh akan menghadapi peringkat kedua Grup F.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, tersebut, pelatih Bangladesh James Day menurunkan tiga pemain senior yakni kiper Islam Ashraful Rana, bek sekaligus kapten Jamal Bhuyan dan gelandang Topu Barman.

Sementara Qatar yang dilatih Unai Melgosa sama sekali tidak menurunkan pemain senior yang berusia di atas 23 tahun.

Meski demikian, timnas U-23 Qatar langsung mendapatkan peluang mencetak gol di menit kedua melalui sepakan bebas. Namun Salah Alyahri tidak bisa menlepaskan bola ke sasaran.

Permainan berlangsung relatif imbang setelahnya. Baik Qatar maupun Bangladesh saling bergantian menyerang, tetapi relatif tidak berbahaya.

Salah satu kesempatan menorehkan gol untuk Bangladesh datang di menit ke-38, tetapi sepakan Topu Barman di menit ke-38 mampu digagalan kiper Qatar Marwan Badreldin.

Tidak ada gol tercipta di babak pertama sampai wasit asal Singapura Chuan Hui Foo meniup peluit tanda laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, permainan masih berimbang. Qatar mendapatkan kesempatn di menit ke-64, tetapi bola dari tendangan Omar Alemadi diselamatkan kiper Bangladesh.

Bangladesh sempat membalas semenit setelahnya. Namun bola sepakan Ahmed Biplo juga diamankan kiper Qatara Mohamed Ibrahim yang masuk di babak kedua.

Setelah beberapa kali tukar menukar serangan, Bangladesh yang berhasil mencetak gol di menit akhir melalui sepakan sang kapten Jamal Bhuyan di menit ke-90+3 yang membuat skor menjadi 1-0 dan bertahan sampai akhir pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-23 Bangladesh: Ashraful Islam Rana, Sushanto Tripura, Jamal Bhuyan (kapten), Tutul Hossain Badsha, Topu Barman, Mahbubur Rahman (66', Matin Miah), Mohammad Atiqur Rahman Fahad, Saad Uddin (61', Md. Abdullah), Masuk Zoni, Bishwanath Ghosh, Ahmed Biplo.

Timnas U-23 Qatar: Marwan Badreldin (46', Mohamed Ibrahim), Tarek Salman, Omar Alemadi, Tameem Almuhaza (72', Meshaal Faraj), Hatim Hassanin, Meshaal Alshamari, Ahmed Alsaadi (kapten), Adel Al Ahmad (82', Saoud Ishbah), Hazem Shehata, Abdelrahman Moustafa, Salah Alyahri.

Baca juga: Sepak Bola - Uzbekistan menang 3-0 atas Bangladesh
Baca juga: Lawan Bangladesh, Thailand raih imbang lagi

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018