"Jadi cukup datang ke sini sudah bisa mendapatkan produk dari berbagai daerah"
Jakarta, 20/8 (ANTARA News) - Kazakhstan tercatat sebagai rombongan delegasi Asian Games 2018 pertama yang mengunjungi Smesco Indonesia untuk melakukan tur wisata belanja, salah satu diantara rombongan ada yang membeli baju untuk cucu.

"Smesco Indonesia memang salah satu dari empat destinasi wisata belanja bagi delegasi Asian Games bersama Grand Indonesia, Senayan City, dan Plaza Senayan. Smesco Indonesia ditunjuk Inasgoc sebagai marketing agency official merchandise Asian Games 2018," kata Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM Emilia Suhaimi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan, para atlet dan official Asian Games bisa mendapatkan merchandise resmi di Smesco Indonesia.

"Kelebihan Smesco, selain menjual merchandise Asian Games, kami juga menjual produk-produk UKM unggulan dari 34 propinsi di Indonesia. Jadi cukup datang ke sini sudah bisa mendapatkan produk dari berbagai daerah," kata Emilia.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga juga memantau kesiapan Smesco Indonesia sebagai destinasi belanja dan bahkan terlihat menyambut kedatangan atlet non peserta didampingi staf khususnya Hermawan Kertajaya, Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, dan Emilia.

Selain Kazakhstan, pada hari yang sama, Smesco Indonesia juga kedatangan pembeli dari delegasi Tiongkok, yang terdiri dari seorang official, dan atlet non peserta.

Irina, fisioterapis atlet yudo dari Kazakhstan misalnya membeli sejumlah produk souvenir yang dipasarkan di Smesco. Ia berbelanja antara lain baju khas Bali, kopi, dan sejumlah cincin.

"Saya mau membeli baju buat cucu," kata Irina saat ditemui wartawan.

Irina yang berada di Smesco sekitar satu jam lebih ini merasa sangat puas dengan apa yang tersedia di Smesco.

"Ini adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi. Besok saya akan mengajak tim official lainnya ke Smesco," ujar Irina.

Smesco Indonesia yang dikelola oleh LLP-KUKM itu, juga sudah bekerja sama dengan perusahaan kargo untuk pengiriman barang-barang ke berbagai negara yang dibeli para delegasi dengan harga khusus. Namun bila tujuan pengirimannya wilayah Jabodetabek bebas ongkos kirim.

Emilia Suhaimi menambahkan, kesiapan ini merupakan komitmen Smesco Indonesia untuk menyukseskan Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang ini.

"Untuk itu Smesco Indonesia telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya," katanya.

Para delegasi yang akan berkunjung ke Smesco Indonesia ini misalnya sudah disediakan shuttle bus khusus oleh Inasgoc. Shuttle bus ini berangkat dari wisma atlet setiap 15 menit sekali.

Bagi Emilia, pesta olahraga bergengsi tingkat Asia ke-18 itu akan menjadi momentum terbaik untuk mempromosikan produk-produk unggulan tanah air dan merchandise Asian Games kepada para tamu.

Baca juga: Smesco siap tampung produk unggulan koperasi berprestasi
Baca juga: Smesco ingin lawan gempuran produk China

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018