Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Perfektur Aichi, Jepang, Hideaki Omura meminta Pemerintah Indonesia membuka kantor konsulat jenderal di Nagoya mengingat jumlah penduduk Indonesia yang semakin tinggi di daerah tersebut.

"Kami meminta dukungan dan bantuan dari Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk dipertimbangkan pendirian konsulat jenderal RI di daerah kami di Aichi," kata Gubernur Omura usai menemui Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jakarta, Senin.

Permintaan khusus dari Gubernur Omura tersebut berdasarkan data penduduk yang menunjukkan peningkatan jumlah warga negara Indonesia di Perfektur Aichi, yang saat ini mencapai sedikitnya 6.500 orang.

"Masyarakat Indonesia yang ada di daerah kami ada lebih dari 6.500 orang, dan itu merupakan jumlah terbanyak yang ada di Jepang," tambahnya.

Usai bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla, Gubernur Omura bersama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menindaklanjuti permintaan tersebut.

"Terkait dengan pendirian konsulat jenderal di daerah kami, kami akan berbicara dengan pihak Kementerian Luar Negeri RI dan untuk itu saya juga sudah menyampaikan surat resmi tadi," ujarnya.

Saat ini, Pemerintah Indonesia telah memiliki satu Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, satu Konsulat Jenderal RI di Osaka; serta dua Konsul Kehormatan RI di Fukuoka dan Sapporo.

Baca juga: Indonesia Week kedua digelar di tengara bersejarah di Nagoya

Baca juga: Menperin gandeng investor Nagoya masuk Indonesia

Baca juga: Nagoya tuan rumah Asian Games 2026


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018