Jakarta (ANTARA News) - Timnas putra basket 3×3 Indonesia berupaya tampil maksimal dan optimistis bisa meraih kemenangan pada laga pembuka babak penyisihan grup A Asian Games 2018 cabang olahraga Basket 3x3 di arena Tennis Center Court Senayan, Jakarta, Selasa (22/8).

Timnas putra Indonesia akan mengawali pertandingan melawan tim Vietnam dan Thailand, pada Selasa sore, (22/8)

Selain dua negara tersebut, timnas masih akan melakoni laga selanjutnya menghadapi Cina dan Sri Lanka sebagai pesaing di grup A.

Laga timnas putra menghadapi Cina dan Sri Lanka dijadwalkan berlangsung pada Kamis (24/8).

Pelatih basket 3x3 putra Indonesia  Fandi Andika Ramadani di Stadion Gelora Bung Karno ( GBK), Senin, menyatakan  para pemainnya dalam kondisi siap secara fisik dan mental untuk menatap laga Asian Games 2018.

"Kami harus mengawali babak penyisihan grup ini dengan hasil positif, target kami harus menang lawan Vietnam dan Thailand agar pertandingan selanjutnya jalan kami semakin mudah," papar pria yang akrab disapa Rama tersebut.

Ia berharap tim putra Indonesia yang terdiri dari Rivaldo Tandra Pangesthio, Vincent Rivaldi Kosasih, Reza Fahdani Guntara, Eric Gosal, bisa mengawali debutnya di ajang Asian Games 2018 dengan penampilan yang sempurna.

"Kami tak ingin menanggung resiko di babak awal, target kami harus bisa meraih hasil sempurna di laga awal," jelasnya.

Asian Games 2018 merupakan debut untuk cabor Basket 3x3 di pesta olahraga terbesar Asia ini dan akan mempertandingkan dua nomor yakni putra dan putri.
 
Untuk kategori putra diikuti oleh 20 tim dan dibagi menjadi empat grup, sedangkan untuk putri diikuti oleh 16 tim dan juga dibagi menjadi empat grup.

Basket 3x3 adalah permainan mirip bola basket, namun satu tim hanya terdiri dari empat pemain, dengan tiga di antaranya bermain di atas lapangan.

Cabang Basket 3x3 pertama kali dipertandingkan di pentas internasional pada Olimpiade Remaja Musim Panas pada 2010 lalu.

Basket 3x3 masih berada di bawah induk basket internasional atau FIBA. Permainan ini juga akan dipertandingkan pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. 

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018