Jakarta, (ANTARA News) - Delegasi Asian Games dari Pakistan, Said Ali, menyatakan dirinya mengagumi pelayanan wisata belanja di official store Asian Games 2018, Smesco Indonesia, yang dinilainya ramah dan memuaskan.

"Saya kagum dengan keramahan para petugas di sini. Ya, orang Indonesia memang dikenal ramah. Saya kagum," kata Said Ali kepada wartawan saat berkunjung ke Smesco Indonesia Jakarta, Senin.

Said Ali sedang sibuk memilih produk yang dipajang di salah satu galeri Smesco Indonesia.

Saat menginjakkan kakinya di stand batik produk unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dia tampak tertarik dan rela berlama-lama di sana.

Bahkan, dia sempat membeli beberapa potong kemeja batik dengan berbagai corak kesukaannya.

Tak hanya batik, Said Ali juga tampak tertarik dan membeli sejumlah produk unggulan khas dari provinsi lainnya.

"Ya cukup terjangkau, tidak terlalu mahal jika dibandingkan kualitas barangnya. ," ujar Said Ali.

Hal yang paling menarik baginya, adalah keramahan para pelayan yang menawarkan produk unggulan dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia ini.

"Produk-produk yang dijual disini sangat variatif artinya, dengan berkunjung hanya kesatu tempat, saya sudah dapat semua yang saya butuhkan," ujarnya menambahkan.

Perwakilan negara peserta Asian Games 2018, secara bergantian mengunjungi gedung Smesco Indonesia.

"Ini adalah kebiasaan kita dalam menyambut tamu yang berkunjung di Smesco Indonesia, termasuk para delegasi negara yang menjadi peserta Asian Games 2018," ujar Direktur Utama LLP-KUKM Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi.

Sejak Minggu (19/8) kemarin, para delegasi yang berkunjung ke Smesco, umumnya menyatakan puas, karena produk-produk yang ditawarkan cukup berkualitas dan harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau.

"Ya memang kita berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka, dengan harapan produk-produk yang ditawarkan dapat memuaskan para pembeli, sehingga produk UMKM kita dikenang di negaranya," ujar Emilia.

Dia juga berharap, kedatangan para delegasi negara peserta Asian Games 2018 di Smesco Indonesia ini, dapat berdampak positif bagi UKM, sekaligus menjadi stimulus untuk meningkatkan kualitas produknya, sehingga terpacu untuk go internasional.

Smesco Indonesia dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata belanja bagi delegasi Asian Games 2018.

Sejak Opening Ceremony Asian Games pada Sabtu (18/8), sejumlah rombongan delegasi telah berkunjung dan berbelanja di gedung Smesco Indonesia di antaranya rombongan delegasi dari Kazakhstan, China, dan Pakistan.
 Baca juga: Beli baju buat cucu, delegasi Kazakhstan kunjungi Smesco
Baca juga: Beli gorengan di PKL Asian Games pun gunakan nontunai
Baca juga: Asian Games buka peluang UMKM tembus ekspor

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2018