Jakarta (ANTARA News) - China berhasil kembali memuncaki Grup Y bola basket putri Asian Games 2018, usai membekap Mongolia dengan skor telak 110-36 dalam laga lanjutan penyisihan di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.

Berkat kemenangan itu China kini berada di puncak klasemen Grup Y dengan raihan 6 poin, menggusur Jepang, sedangkan Mongolia tetap di peringkat ketiga dengan koleksi 4 poin.

Baik China maupun Mongolia sudah dipastikan akan lolos ke perempat final, namun masih munggu posisi pasti mereka di klasemen akhir Grup Y.

Yueru Li membukukan double-double 21 poin dan 11 rebound untuk kemenangan China, diikuti 16 poin dari Sijing Huang, 12 poin Jiacen Liu, 11 poin Xu Han dan 10 poin Xuemeng Wang.

Sementara bagi Mongolia Bulbul Murat kembali menjadi pemimpin dalam raihan angka timnya lewat 15 poin yang dicetaknya, namun tak mendapat banyak bantuan berarti dari rekan-rekannya.

Mongolia sempat memimpin 6-0 atas China di awal laga lewat dua tembakan tripoin yang menemui sasaran, namun perlahan tapi pasti China merangsek menyamakan kedudukan menjadi 10-10 lewat tembakan dua poin Jiacen Liu di sisa waktu 6 menit 31 detik kuarter pertama.

China lantas berbalik mengambil alih kendali permainan dengan rentetan poin 16-2 sebelum menutup kuarter pertama dengan keunggulan 26-15 atas Mongolia.

Baca juga: Disaksikan pejabat Utara-Selatan, Korea gilas India 104-54

Baca juga: "Tak penting Utara atau Selatan, kami Korea"


Laiknya laga kontra Jepang, Mongolia yang sempat panas di awal seolah kemudian mudah ditebak dan diredam pola serangannya, memberikan kesempatan bagi China untuk terus memperlebar jarak keunggulan menjadi 57-24 di pengujung paruh pertama pertandingan.

Rapatnya pertahanan China membuat Mongolia hanya bisa memperoleh 9 poin tambahan di kuarter ketiga, sementara mereka merengkuh 26 poin lagi demi memperbesar keunggulan menjadi 83-33.

China masih memiliki satu pertandingan lagi untuk dijalani yakni melawan Hong Kong yang sudah dipastikan bakal pulang lebih awal dari turnamen pada Selasa (23/8).

Pada hari yang sama, Mongolia akan melakoni laga pamungkas melawan Thailand yang memang dibidik bisa dikantongi sebagai kemenangan.

Baca juga: Jadwal basket hari ini, tantangan putri China dan pembuktian putra Indonesia

Baca juga: Mongolia dan target ambisiusnya di basket putri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018