Mudah-mudahan (peristiwa) ini jalan yang dikehendaki Tuhan agar sekolah-sekolah di NTT lebih diperhatikan,
Jakarta, (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhadjir Effendy berharap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memasangi seluruh sekolah di perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) internet.

"Saya baca beritanya, Menkominfo janji pasang internet di sekolahnya Joni. Saya sih mintanya kalau bisa jangan hanya sekolahnya Joni, kalau bisa semua sekolah di sana dipasangi internet," kata Muhadjir saat menerima Yohanes "Joni" Ande Kalla Marcal (14) di Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin.

Karena memang seluruh sekolah di sana membutuhkan jaringan internet itu, katanya.

"Mudah-mudahan (peristiwa) ini jalan yang dikehendaki Tuhan agar sekolah-sekolah di NTT lebih diperhatikan," ujar Mendikbud.

Muhadjir menyebut ada sekitar 105 sekolah baru didirikan di NTT. Masih banyak sekolah-sekolah di sana yang membutuhkan penanganan, karenanya dirinya meminta kerja sama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memberikan anggarannya.

"Karena tidak mungkin semua mengandalkan dari pusat. Di 2019, anggaran kita (Kemendikbud) akan dikurangi sebesar Rp4 triliun, dan justru DAK (Dana Alokasi Khusus) yang akan dinaikkan," ujar dia.

Mendikbud menerima Joni bersama orang tuanya, yakni Lorensa Gama (53) dan Viktorlino Fahik Marcal (65) di Gedung A Kemendikbud, dan menyerahkan beasiswa pendidikan hingga lulus SMA.

Selain itu, ia memberikan laptop, pakaian sekolah dan sepatu kepada Joni. Tidak lupa, sebagai kenang-kenangan, dirinya membubuhkan tanda tangan di sebuah foto atau poster Joni yang berukuran besar.

Ia menyebut Joni sebagai "role model" anak Indonesia jaman now.*





Baca juga: Joni dapat penghargaan dari Mendikbud

Baca juga: Saksikan pembukaan Asian Games, Joni pemanjat tiang bendera di antara pembesar negara

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018