Jakarta (ANTARA News) - Setelah nyaris dua tahun berpromosi, grup K-pop Loona yang beranggotakan 12 perempuan akhirnya merilis album perdana mereka secara resmi.

"+ +" atau "Plus Plus" adalah album yang menyatukan seluruh anggota Loona yang dalam bahasa Korea artinya "Gadis Bulan Ini".

Debut itu adalah perwujudan dari proyek agensi BlockBerry Creative senilai 8,8 juta dolar AS yang dimulai sejak Oktober 2016.

BlockBerry tidak langsung memperkenalkan semua anggota Loona. Pada Oktober 2016, ada Heejin dan solo single yang diumumkan ke hadapan publik, kemudian tiga anggota baru dengan masing-masing single tiga tiga bulan berikutnya, sebelum mereka semua disatukan dalam grup kuartet beranggotakan empat orang.

Delapan anggota lain juga baru diperkenalkan tiap bulan dengan cara yang sama sebelum akhirnya resmi debut, Senin (20/8).

Proyek pre-debut itu membuat para anggota Loona terbagi menjadi tiga sub-unit --Loona 1/3, Loona Odd Eye Circle, Loona yyxy -- juga Yeojin sebagai solois, masing-masing merilis EP pra-debut.

Dikutip kantor berita Yonhap, para anggotanya merasa menanggung beban besar karena mereka debut dalam proyek yang memakan biaya besar, tapi itu juga jadi sumber motivasi.

"Butuh waktu lama sampai dua tahun untuk akhirnya jadi kelompok yang lengkap," kata Heejin, anggota pertama Loona yang diperkenalkan dua tahun lalu, di Seoul.

"Itu sudah lama sekali, tapi saya terus berlatih untuk memperbaiki kekurangan jadi kami bisa tampil di hadapan publik dengan lebih sempurna, jadi saya merasa positif," katanya.

"Pasti bohong kalau saya bilang kami tidak merasa terbebani," ujar Yves. "Tapi proyek ini adalah sumber kebanggaan dan jadi penggerak kami untuk terus maju," ujar dia.

Sementara Haseul mengatakan Loona ingin mendapatkan gelar "monster rookie", artinya grup baru yang diakui kemampuannya di dunia K-pop. Mereka juga ingin memenangi penghargaan rookie tahun ini.

"Hi High", lagu pertama unggulan mereka, adalah pengingat atas ambisi besar dari Loona. Lagu tersebut punya arti ganda. Pertama, menyapa anggota lengkap Loona. Kedua, mengekspresikan tujuan mereka untuk meniti puncak dunia musik.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018