Jakarta (ANTARA News) - Sebelumnya, pada Januari tahun ini, Skype pernah mengumumnkan bahwa pihaknya sedang menguji coba fitur chat berteknologi enkripsi end-to-end, yang diamankan dengan Signal Protocol dari Open Whisper System.

Sekarang, fitur ini telah tersedia dan bisa dipakai oleh para pengguna Skype iOS, Android, Linux, Mac, dan Windows Desktop.

Untuk memulai Private Conversation, pilih "New Private Conversation" dari menu "compose" atau profil penerima. Penerima akan mendapatkan undangan, panggilan dan pesan yang akan dienkripsi secara end-to-end hingga fitur ini dinonaktifkan.

Namun fitur ini ada batasannya, pengguna hanya bisa berpartisipasi dalam satu percakapan pribadi dalam satu gadget pada saat itu. 

Riwayat percakapn pribadi ini bisa dipindahkan ke gadget lain, namun semua hal yang terkirim dan diterima akan tetap terkait dengan gadget yang digunakan sebelumnya.

Sebelumnya Skype menawarkan sejumlah bentuk enkripsi, namun enkripsi berteknologi end-to-end lebih aman mengingat konten pesan hanya bisa dibaca oleh penerima dan pengirim.

Applikasi ini bergabung dalam deretan platform chat yang menawarkan enkripsi end-to-end, seperti Apple's iMessage dan Facebook Messenger, yang juga menawarkan fitur tersebut sebagai pilihan, demikian mengutip The Verge.

Baca juga: Microsoft optimalkan Skype untuk ponsel Android low-end

Penerjemah: Aji Cakti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018