Kalian telah berjuang. Saat ini ayo mendoakan atlet Indonesia yang berjuang di Asian Games 2018 agar mampu meraih prestasi maksimal,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak Paskibraka yang sebelumnya bertugas pada HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka mendoakan atlet Indonesia yang berjuang di Asian Games 2018 sebelum pulang ke daerah asal.

"Kalian telah berjuang. Saat ini ayo mendoakan atlet Indonesia yang berjuang di Asian Games 2018 agar mampu meraih prestasi maksimal," kata Imam Nahrawi di sela melepas Paskibraka 2018 di Teater Wisma Kemenpora Jakarta, Selasa.

Perjuangan atlet Indonesia pada Asian Games 2018 hingga hari ketiga terbilang memuaskan karena sudah meraih empat medali emas. Kondisi ini jelas menjadi kejutan karena untuk meraihnya membutuhkan kerja keras.

"Awal yang sangat bagus. Hingga hari ini sudah empat emas. Sudah melampaui Asian Games Incheon. Semoga doa dari kalian (Paskibraka) bisa menambah semangat dan motivasi atlet Indonesia," katanya menambahkan.

Emas pertama untuk kontingen Indonesia dipersembahkan oleh atlet karate nomor poomsae, Defia Rosmaniar. Berikutnya dari cabang wushu atas nama Lindswell Kwok dan serta dua dari balap sepeda downhill atas nama Khoiful Mukhib dan Tiara Andini Prastika.

Peluang untuk meraih emas masih terbuka karena cabang olahraga unggulan masih berjalan seperti bulu tangkis, paralayang dan bridge hingga cabang yang belum dipertandingkan seperti jetski hingga panjat dinding.

Selain memdoakan perjuangan atlet Indonesia, Menpora Imam Nahrawi meminta kepada anggota Paskibraka menjadi suri tauladan bagi pemuda di daerahnya mengingat selama pelatihan banyak mendapatkan gemblengan. Untuk menjadi Paskibraka juga melalui tahapan yang panjang.

"Ayo tunjukkan jika kalian mampu. Jadilah contoh jadi pemuda yang lain. Ini adalah awal kalian untuk menggapai masa depan," kata pria kelahiran Bangkalan Madura itu.

Menpora juga meminta kepada Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh untuk membukukan perjalanan Paskibraka 2018 mulai dari persiapan hingga sukses melaksanakan tugas. Hal tersebut dikarenakan banyak peristiwa penting bagi semua yang terlibat.

"Kami harapkan dalam dua bulan buku ini tuntas dan serahkan ke semua anggota Paskibraka. Buku itu bisa menjadi tuntunan untuk mencapai sukses masa depan," kata Imam Nahrawi menegaskan.

Paskibraka 2018 beranggotaman 68 putra-putri terbaik dari 34 provinsi. Merekan telah sukses menjalankan tugas pada upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018