Jakarta (ANTARA News) - Atlet golf putra Indonesia Naraajie Emerald Ramadhan Putra mengaku terus menguatkan kondisi psikologis jelang pertandingan cabang golf Asian Games 2018 yang akan berlangsung di lapangan golf Pondok Indah, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/8) hingga Minggu (26/8).

"Kami sudah melakukan persiapan sejak enam bulan lalu. Hanya perlu penguatan mental saja karena atmosfer pertandingan sudah mulai terasa. Gugup tapi juga senang," kata Naraajie setelah menyelesaikan sesi latihan resmi di lapangan golf Pondok Indah, Selasa.

Atlet asal Bandung itu mengatakan kehadiran atlet-atlet lain Asia asal China, Filipina, India, Jepang, dan Korea semakin memunculkan suasana kompetisi dalam Asian Games ke-18 itu.

"Tapi, saya akan fokus pada strategi yang sudah saya rencanakan bersama pelatih, terutama fokus pada diri sendiri dalam beberapa hari mendatang," ujar atlet berusia 18 tahun itu.

Atlet yang menempati posisi 56 dalam Peringkat Golf Amatir Dunia itu mengatakan pola permainan dalam kejuaraan multi-event seperti Asian Games lebih menekankan pada kekompakan tim.

"Kami harus saling membantu dan menyemangati. Dalam pertandingan kejuaraan tunggal cabang olahraga, tentu saya fokus pada diri sendiri dan tidak ada tim," katanya.

Hole ke-13 dengan par empat akan menjadi tantangan utama bagi Naraajie dari total 18 hole di lapangan golf Pondok Indah.

"Saya merasa tertantang pada hole 13 karena tampak sempit bagi saya. Saya juga tidak suka ada air di sisi kanan," katanya tentang arena pertandingan seluas 530.217 meter persegi itu.

Naraajie mengaku optimistis merebut medali pada nomor individu ataupun tim di Pondok Indah menyusul hasil uji cobanya pada sejumlah turnamen di Australia.

"Di Australia anginnya sangat kencang, fairway dan green keras. Mungkin seperti itu juga di sini. Saya beruntung karena terbiasa bermain di lapangan yang berangin kencang," kata pegolf yang menjuarai turnamen New South Wales (NSW) Amateur di Canberra, Australia, pada Februari 2018 itu.

Persatuan Golf Indonesia membidik target satu  medali perunggu dalam Asian Games 2018 menyusul keikutsertaan tujuh atlet mereka, yaitu empat atlet putra dan tiga atlet putri.

Empat atlet golf putra yang mengikuti Asian Games ke-18 adalah Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Kevin Ceasario Akbar, Jonathan Wijono, dan Almay Rayhan.

Sementara, tiga atlet putri yang akan memperkuat tim Indonesia adalah Rivani Adeli, Ribka Vania, dan Ida Ayu Melati Putri. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018