Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional hoki putri China berhasil melibas Chinese Taipei 9-0 dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Lapangan Hoki, Kompleks Gelora Bung Karno, Selasa.

Sejak menit awal kuarter pertama tim China menampilkan permainan dengan tempo tinggi. Beberapa peluang berhasil didapatkan China di menit kedua, keempat maupun keenam. 

Namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh penjaga gawang Chinese Taipei Chang Chia Yi.

Kedudukan imbang antara kedua tim tidak berlangsung lama karena China melalui tangan Xi Xiayun berhasil mencetak gol pembuka.

Di awal kuarter kedua, pertandingan semakin alot antara China dan Chinese Taipei karena kedua tim silih berganti menyerang.

Keberuntungan tidak memihak Chinese Taipei, karena gawangnya kebobolan lagi oleh pemain China Xi Xiayun di menit ke-28.

Gawang Chinese Taipei kembali kebobolan oleh aksi Gu Bingfeng yang mencetak dua gol dari sudut penalti serta Zhang Xiaoxue satu gol melalui pukulan keras ke gawang lawan.

Di kuarter keempat, China tidak mengendurkan intensitas serangan dan mereka terus menyerang Chinese Taipei melalui variasi serangan sayap.

Alhasil tim yang diasuh Mulders Jamilon Lorenzo tersebut menggandakan keunggulan menjadi 9-0.

Pelatih China Mulders Jamilon mengatakan timnya di kuarter pertama tidak menampilkan permainan terbaiknya meskipun mampu mencetak gol di menit-menit awal.

"Koordinasi antar pemain di menit awal belum terlalu baik. Namun organisasi permainan tim berangsur-angsur membaik hingga menit terakhir," kata dia.

Hong Kong, lanjut dia, mempunyai penjaga gawang yang bagus karena mampu beberapa kali mementahkan peluang yang didapat kan China.

Ia mengharapkan anak asuhannya dapat bermain secara maksimal saat melawan Malaysia di pertandingan selanjutnya.

"Kami harus mempertahankan permainan ini saat melawan Malaysia nanti," kata dia.

Baca juga: Hasil dan klasemen hoki putra, diwarnai pesta gol

Baca juga: Hasil dan klasemen hoki putri

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018