Intip ragam kurma hingga pertunjukan musik klasik Arab di Saudi House

Intip ragam kurma hingga pertunjukan musik klasik Arab di Saudi House

Suasana paviliun Kurma Saudi Arabia di Saudi House. Pameran kebudayaan di Saudi House yang berlangsung di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta pada (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

Jakarta (ANTARA News) - Ingin tahu tentang budaya Arab Saudi, mulai dari pertunjukan musik khas di sana hingga seni henna? Tak perlu jauh-jauh ke Arab Saudi, karena Anda bisa berkunjung ke pameran kebudayaan di Saudi House yang berlangsung di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta. 

Di area pameran seluas 4500 meter2 itu Anda bisa mencicipi setidaknya 10 jenis kurma asal Saudi mulai dari yang termanis seperti Sukkari hingga Rushodia yang kadar fruktosanya tak begitu tinggi. Anda bisa membawa kurma secukupnya dari paviliun Kurma Saudi. 
 
Kurma Sukkari di paviliun Kurma Saudi Arabia di Saudi House (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)


Tak jauh dari sana, Anda bisa meneguk air zamzam yang dibawa langsung dari Mekkah di paviliun Zamzam, lalu menengok seni kaligrafi Arab di paviliun kaligrafi Arab. 
 
Seniman menunjukkan kemampuan menulis kaligrafi di Saudi House (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)


Di paviliun ini, Anda dapat membuat nama Anda dalam kaligrafi Arab sekaligus melihat berbagai lukisan, fotografi, dan karya seni kaligrafi oleh seniman Saudi. 

Beralih ke sisi lain area pameran, Anda bisa menikmati pertunjukan musik klasik menggunakan instrumen musik berbeda semisal Al Oud dan Aldaff dari seluruh bagian Kerajaan Arab Saudi. Ada juga tarian folklore dari Saudi Arda dan Al Mizmar di sana. 
 
Petunjukan musik di Saudi House (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)


Lapar mendera? Cobalah beranjak ke paviliun kuliner Saudi, yang menyajikan hidangan Saudi seperti margoog dan nasi kabsa. 

Beralih dari sana, ada paviliun baju tradisional yang menghadirkan berbagai jenis kain tradisional, sulaman, pola, dan desain dari 30 jenis pakaian etnis di berbagai bagian Kerajaan Arab Saudi. Anda bisa mengenakan pakaian etnik tradisional ini untuk sesi foto. 
 
Pengunjung mengenakan pakaian tradisional Arab Saudi di Saudi House (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)

 
Salah satu paviliun yang menjadi favorit adalah paviliun henna. Saudi House memboyong seorang ahli lukisan henna yang akan melukis tangan Anda dengan henna. 

Seni henna adalah metode lukisan geometris yang rumit pada kulit dan biasanya diperuntukan selama pernikahan atau perayaan. Namun seni ini telah berevolusi menjadi ekspresi diri individu dan kini menjadi tren di beberapa negara. 
 
Seniman menunjukkan kemampuan melukis tangan dengan henna (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)
 
Hasil lukisan dengan henna (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)



Asian Games 2018

Penyelenggaraan pameran budaya di Saudi House merupakan hasil kerjasama antara Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi untuk memperkenalkan budaya Arab Saudi pada masyarakat Indonesia, kata perwakilan Saudi House Moudhi bint Al Sudairy. 

Pameran ini juga sekaligus menjadi bagian dari dukungan pada atlet Arab Saudi yang berlaga di Asian Games 2018. 

"Untuk mendukung partisipasi tim kami di Asian Games 2018, showcase agar masyarakat di Indonesia lebih mengenal soal budaya Arab Saudi. Kami juga bisa memperlihatkan diversitas yang ada di Saudi. Dari timur ke barat dengan budaya yang berbeda. Tarian dan makanan misalnya," ujar dia di Jakarta, Rabu. 

Informasi mengenai sejarah partisipasi Arab Saudi dalam Asian Games, termasuk prestasi para atletnya bisa Anda temukan di Paviliun Olimpiade Arab Saudi. 

Pameran budaya di Saudi House berlangsung sejak 19 Agustus- 22 Agustus dan 24-28 Agustus mulai pukul 14.00-22.00 WIB dan gratis.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar