Jakarta (ANTARA News) - Khotib atau juru dakwah di Masjid Raya KH Hasyim Asyari yakni KH Misbahul Munir mendorong umat Islam untuk lebih mengembangkan kepedulian sosial terhadap sesama. "Kebaikan yang diberikan apapun bentuknya pasti mendapat balasan dari Allah," kata KH Misbahul Munir dalam Shalat Idul Adha di Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Jakarta Barat, Rabu.

Dia mengatakan umat Islam harus membangkitkan kepedulian dan membantu bukan hanya terhadap umat Islam semata tapi juga terhadap warga lintas agama. Sebab, Islam membawa kebaikan bagi semua orang.

Menurut dia, umat Islam harus memberi manfaat dan kebaikan pada seluruh umat di dunia ini.

Pengurus Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Siradj Ronggolawe menuturkan Islam adalah agama rahmatan lil alamin, yang berarti Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh semesta.

Untuk itu, dia menuturkan umat Islam harus berdampak positif bagi sesama dan lingkungan. Umat Islam juga harus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mengedepankan perdamaian.

Pada kesempatan yang sama dia mengajak umat Islam meneladani Nabi Ibrahim AS untuk sabar dalam menghadapi musibah dan perbuatan maksiat. "Kita sebagai orang yang beriman ketika mengaku beriman pasti diuji oleh Allah".

Dia menuturkan setidaknya ada dua prinsip yang harus diteladani umat Islam dari Nabi Ibrahim. Pertama, umat Islam harus sabar menghadapi musibah dan maksiat serta menjalankan perintah Allah. Kedua, bagi umat Islam, dalam mempertahankan keimanan harus ada pengorbanan.

"Tanpa dilandasi kesabaran kita ini tidak akan sukses menjalankan perintah Allah karena ada banyak rintangan," ujarnya.

Baca juga: Khatib: berkurban wujud ketakwaan

Baca juga: Masjid Hasyim Asy'ari tunggu kepastian kurban sapi dari Jokowi

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018