Istanbul (ANTARA News) - Presiden Recep Tayyip Erdogan, Selasa (21/8), menyampaikan selamat Idul Adha kepada pemimpin Qatar, Bosnia Herzegovina, dan Kosovo.

Menurut kantor berita Turki, Anadolu, yang dipantau Antara dari Jakarta, Rabu, sumber diplomat menyebutkan Presiden Erdogan menelepon langsung Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani, Anggota Kepresidenan Triparit Bosnia Bakir Izetbegovic, dan Presiden Kosovo Hashim Thaci.

Kaum Muslimin di sejumlah negara, Selasa, sudah merayakan Idul Adha.

Terkait dengan perayaan hari raya ini, Bulan Sabit Merah Turki akan memotong hewan kurban di 40 negara.

Presiden Yayasan Bulan Sabit Merah Turki Ismail Hakki Turunc yang tengah berada di Nairobi mengatakan dua pertiga dari 156.729 potong hewan kurban itu dipotong di luar Turki sedangkan sisanya dipotong di Turki.

Baca juga: Erdogan minta Saudi utamakan ukhuwah dengan Qatar

Mereka yang berkurban satu ekor kambing ataupun biri-biri dihitung satu potong sedangkan yang berkurban sapi dihitung tujuh potong.

Yayasan Turkiye Diyanet juga akan memotong hewan kurban di 69 negara namun tidak dirinci nama-nama negara yang menjadi sasaran pemotongan hewan yayasan milik kedua yayasan di Turki ini.

Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, sebagian kecil umat Islam di Indonesia, Selasa, sudah menunaikan Shalat Ied mereka di sejumlah masjid maupun tanah lapang.

Namun, mayoritas Muslim Indonesia merayakan Idul Adha yang ditandai dengan Shalat Ied berjamaah di masjid-masjid dan tanah-tanah lapang pada Rabu.

Redaktur: Rahmad Nasuition

 

Pewarta: Antara
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2018