"Tol laut cukup strategis untuk Indonesia yang terdiri atas laut dan pulau-pulau kecil"
Jakarta (ANTARA News) - Program tol laut merupakan terobosan infrastruktur yang vital untuk mewujudkan laut sebagai alat pemersatu bangsa,  sekaligus sangat strategis untuk distribusi dan logistik di pulau-pulau kecil yang terpencil di Nusantara.

"Tol laut cukup strategis untuk Indonesia yang terdiri atas laut dan pulau-pulau kecil," kata Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Moh Abdi Suhufan di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, durasi program yang baru berjalan selama empat tahun terakhir ini dinilai memang perlu dievaluasi, tetapi setidaknya sampai 2024, program ini layak dipertahankan.

Ia mengingatkan bahwa membangun konektivitas dan daya saing daerah dengan dukungan tol laut merupakanlah agenda jangka panjang yang memiliki banyak variabel seperti aspek SDM dan tata kelola industrialisasi di daerah pinggiran.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan, pihaknya akan mulai melakukan digitalisasi tol laut guna mencegah praktik monopolti barang yang disinyalir masih terjadi di sejumlah daerah yang disinggahi oleh tol laut tersebut.

"Untuk tol laut saya akan melakukan penertiban. Salah satu penertiban yakni dilakukan dengan digital," kata Budi Karya Sumadi dalam diskusi "Manajemen Komunikasi Pemerintah di Era Digital" di Ambon, Maluku, Senin (13/8).

Baca juga: Menhub : tol laut harus angkut ikan Maluku

Dengan demikian, menurut Budi, nanti barang yang didistribusikan selalu tercatat dalam data digital seperti kapan sampainya, untuk siapa, dan bisa dilihat kalau ada monopoli pengelolaan barang atau tidak.

Menhub menegaskan bahwa transportasi laut yang terangkai dengan baik menciptakan konektivitas antar wilayah turut berperan dalam kelancaran, pemerataan dan efisiensi distribusi logistik yang pada gilirannya menciptakan keseragaman harga barang di setiap jengkal tanah Republik Indonesia yang merupakan hak setiap warga Indonesia.

"Itulah mengapa Pemerintah membangun berbagai pelabuhan, kapal dan memberikan subsidi angkutan laut khususnya untuk angkutan barang yang menjadi skema Tol Laut," ucapnya.

Ia menegaskan bahwa program Tol Laut mampu menurunkan harga yang merupakan salah satu bukti nyata bahwa transpotasi laut merupakan wahana untuk menghilangkan kesenjangan ekonomi dalam upaya mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Baca juga: Efektifkan tol laut, KKP diminta berdayakan sentra perikanan
Baca juga: Tol laut turunkan ketergantungan warga terhadap produk Malaysia

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018