Magetan, Jawa Timur (ANTARA News) - Kebakaran kawasan hutan di seputar Gunung Lawu semakin meluas ke tiga wilayah kabupatan di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra di Magetan, Rabu.

Fery menyebutkan api menjalar makin meluas di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sementara itu kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Ngawi dan Magetan, Jawa Timur, sejak Minggu(20/8), juga belum bisa dipadamkan.

"Di sekitar Pos 4 jalur pendakian Gunung Lawu melalui Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah kobaran api makin membesar," kata Fery.

Fery menuturkan relawan di jalur pendakian Candi Cetho melaporkan bahwa titik api sudah sampai kawasan Pruso dan di atas Pos 4 jalur Cetho.

Ia menambahkan petugas dan relawan sudah berusaha melakukan pemadaman, namun api sulit dipadamkan karena keterbatasan peralatan dan kondisi medan yang sulit terjangkau.

"Petugas dan relawan yang melakukan pemadaman, dari Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu DS, Satuan Tugas Pemadam Kebakaran, relawan Paguyuban Giri Lawu, Anak Gunung Lawu (AGL), dan komunitas relawan lainnya," ujar dia.

Saat ini, kata Fery, jalur pendakian menuju puncak Gunung Lawu masih ditutup.

"Jalur pendakian resmi sementara ditutup oleh anggota BPBD sampai kondisi dinyatakan aman," jelas dia.

BPBD Magetan, katanya, akan berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Jawa timur, Perhutani, TNI, Polri apabila luasan dan arah angin mengancam ke pemukiman warga.

Baca juga: Jalur Pendakian Lawu masih ditutup akibat kebakaran

Baca juga: Pendaki gagal capai puncak Lawu akibat kebakaran

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018