Jakarta (ANTARA News) - Parallels Desktop versi terbaru telah diluncurkan dengan menawarkan berbagai keunggulan antara lain peningkatan efisiensi kapasitas disk, aplikasi launch lebih cepat, dukungan Mac OS Mojave, perluasan Touch Bar, grafis OpenGL dan sejumlah peningkatan lainnya. 

Kebanyakan orang yang menggunakan Parallels memanfaatkannya untuk menjalankan Windows di mac OS. Pembaruan software ini berfokus pada peningkatan performa dan penambahan fitur baru yang bisa membuat dua sistem operasi ini bekerja lebih lancar secara bersamaan. 

Fitur yang diutamakan oleh tim Parallels Desktop adalah optimalisasi ruang penyimpanan. Seperti diketahui, mesin virtual bisa mengambil banyak ruang dan bisa menjadi masalah ketika pengguna sedang bekerja dengan MacBook. 

Software ini diklaim bisa membebaskan ruang penyimpanan secara signifikan pada sebagian besar kasus. Bahkan hingga 20 GB dalam beberapa situasi. 

Baca juga: Apple akan rilis MacBook Air Retina

Software ini juga memiliki fitur "Free Up Disk Space" yang bisa memudahkan pengguna menentukan data apa saja yang bisa dihapus. 

Beberapa penghematan ruang berasal dari kompresi yang lebih efisien dari data yang disimpan dengan fitur Snapshots. 

Selain itu, Parallels Desktop 14 juga membawa peningkatan grafik di aplikasi Windows, dengan menggunakan multi-platform OpenGL graphics API. 

Tentu, Apple telah mengumumkan bahwa OpenGL akan dihentikan dalam mac OS. Apple menggunakan API grafis Logam milik Apple sendiri. 

Meski demikian, pengembang Parallels mengatakan OpenGL masih bisa digunakan untuk ke depannya. Namun tim Parallels juga sedang menyiapkan solusi yang melibatkan Logam untuk ke depan.

Baca juga: Apple akan audit peranti lunak setelah bug di Mac

Tahun lalu, Parallel menambahkan dukungan touch bar untuk aplikasi Windows. Touch bar tersebut kini diperluas dalam Parallels Desktop 14. Ada beberapa dukungan baru lainnya yang disematkan pada Parallels Desktop 14, termasuk Microsoft Visio and OneNote, SketchUp, AutoCAD, Revit, Quicken, QuickBooks dan Visual Studio.

Fitur lainnya yang juga disematkan adalah shared camera untuk kamera dengan resolusi hingga 4K. Ada pula dukungan Microsoft Ink untuk Microsoft Office dengan sensitivitas tekanan dalam beberapa aplikasi, waktu boot dan peluncuran aplikasi yang lebih cepat, penundaan operasi dalam partisi APFS yang lebih cepat, serta peningkatan kinerja yang signifikan pada iMac Pro dengan AVX-512. 

Parallels Desktop 14 sudah tersedia dengan biaya berlangganan tahunan mulai $79,99 atau  dengan lisensi abadi sebesar $99,99. Edisi untuk Pro dan Business juga mempunyai harga yang sedikit lebih mahal yaitu $99,99, demikian Arstechnica.

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018