Jakarta (ANTARA News) - Atlet anggar Jepang dan dan Korea Selatan (Korsel) berhasil meraih medali emas, pada hari ke-empat di ajang Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC) Cendrawasih, Senayan Jakarta, Rabu malam.
     
Pada babak final kelas Degen beregu putra Jepang bertarung dengan China dengan skor (30-22), sehingga emas disabet atlet dari negeri julukan "matahari terbit" itu. Sedangkan medali perak diraih China, serta perunggu masing-masing tim Kazakhstan dan Korsel.
     
Selanjutnya di kelas sabel beregu putri Korsel bertarung dengan China dengan skor 45-36. Sehingga medali emas secara otomatis disabet Korsel, perak China, serta perunggu masing-masing tim Jepang dan Kazakhstan.
     
Dalam pertarungan kelas sabel beregu putri, atlet Korsel diperkuat oleh Kim Jiyeon, Choi Sooyeon, dan Yoon Jisu. Sedangkan tim China dengan atletnya Shao Yoqi, Yang Hengyu, dan Qian Jiarui.
     
Dalam kelas sabel beregu putri atlet Kim Jiyeon terus melakukan serangan dengan teknik menusuk dan menyabet ke lawannya, sehingga skor terus bertambah. Dalam pertarungan yang cukup sengit itu, beberapa kali kedua tim atlet tersebut memperbaiki senjatanya.
     
Hal serupa juga dilakukan tim degen beregu putra Jepang, yakni diperkuat oleh atletnya Minobe, Kano, Yamada Masaru, dan Uyama Satoro. Sedangkan tim Korsel diperkuat atletnya, yakni Dong Chao, Lan Minghao, dan Shi Gaofeng.
     
Kedua tim pada laga tersebut terus mengencarkan serangan dengan harapan agar mampu mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya pada babak final tersebut.
     
Seusai pertandingan itu, atlet putri Korsel, Kim Jiyeon mengaku berhasil memberi harapan negaranya untuk meraih medali emas pada Asian Games kali ini.
     
"Kami dalam pertarungan final ini berupaya melakukan perlawanan yang kuat agar bisa memenangkan pertandingan ini. Syukur kami menang," ucapnya, sembari berteriak meluapkan kemenangnnya.
     
Hal senada juga katakan atlet putra Jepang, Minobe mengatakan timnya sukses meraih medali emas. Hal tersebut juga dukungan dari pelatih serta support dari negaranya.
     
"Kami hari ini membawa kemenangan. Mudah-mudahan hal sama juga dilakukan tim lainnya," ujarnya.
     
Hingga hari ke-empat, medali emas sudah delapan keping diraih atlet yang sukses di babak final, dari jumlah medali emas sebanyak 12 keping di cabang olahraga anggar yang diperebutkan pada kejuaraan Asian Games 2018.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018