Jakarta (ANTARA News) - Atlet renang Jepang Yasuhiro Koseki membubuhkan rekor baru nomor 100 meter gaya dada putra Asian Games dengan catatan waktu 58,86 detik di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Rabu malam.

Perenang berusia 26 tahun itu melampaui rekor sebelumnya 59,92 detik yang dicetak oleh atlet renang Kazakhstan Dmitriy Balandin dalam Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Ia sekaligus menambah koleksi medali emas. Sehari sebelumnya ia berhasil membawa pulang medali emas pertamanya dalam nomor 200 meter gaya dada putra.

Koseki finis di posisi pertama mengalahkan perenang China Yan Zibei yang menorehkan waktu 59,31 detik serta berhak membawa pulang medali perak.

Sementara peraih medali emas di nomor yang sama Asian Games 2014 atlet renang Kazakhstan Dmitriy Balandin yang mencatatkan waktu 59,39 detik harus puas mengantongi medali perunggu.

Dalam final tersebut ia kembali lebih unggul dari rekan sesama Jepang Ippei Watanabe yang finis di posisi empat dan membukukan waktu satu menit 0,15 detik.

Dalam babak penyisihan yang digelar pada hari yang sama, Koseki menempati posisi tujuh dengan catatan waktu satu menit 01,35 detik di bawah rekannya Ippei Watanabe yang memiliki catatan waktu satu menit  0,93 detik.

Baca juga: Yasuhiro Koseki lebih serius dalam final

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018