"Keindahan objek wisata bukanlah jaminan sebuah destinasi wisata akan ramai dikunjungi sepanjang tahun"
Painan (ANTARA News) - Selain keindahan alam yang mendorong pengunjung datang ke obyek wisata, ada unsur yang tidak kalah penting yang bisa membuat wisatawan datang, betah, nyaman, dan kemudian kembali lagi ke lokasi tersebut. 

"Keindahan objek wisata bukanlah jaminan sebuah destinasi wisata akan ramai dikunjungi sepanjang tahun, namun ada indikator lain yang menentukan salah satunya adalah kebersihan," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, di Painan, Sumatera Barat, Kamis. 

Oleh karena itu ia meminta masyarakat sekitar obyek wisata menjaga kebersihan agar pengunjung merasa betah dan nyaman sehingga ada keinginan untuk kembali lagi dan upaya pemerintah mempopulerkan objek wisata menjadi lebih sukses.

"Ada ratusan destinasi wisata di Pesisir Selatan mulai dari bahari, pegunungan, air terjun dan lainnya. Sehingga mustahil kebersihan ini bisa ditangani tanpa campur tangan masyarakat," ujarnya.

Diakuinya ada sejumlah obyek wisata yang masyarakatnya peduli dan menjaga kebersihan di sekitar lokasi seperti pada Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Setidaknya sebulan sekali masyarakat setempat yang menjadi pelaku usaha pariwisata seperti pemilik kapal wisata, pemilik rumah singgah, pemilik jasa perjalanan wisata dan lainnya,  melakukan bersih-bersih sampah di perairan Kawasan Mandeh.

"Ini harus dicontoh oleh masyarakat lain, karena persoalan sampah merupakan permasalahan umum di setiap objek wisata," katanya lagi.

Pada 2018 pemerintah kabupaten menargetkan kunjungan wisatawan 3,5 juta baik domestik maupun mancanegara. Pada 2016 sebanyak 1,98 juta wisatawan domestik dan 1.700 wisatawan mancanegara berkunjung ke daerah itu.

Selanjutnya meningkat pada 2017 menjadi 2,3 juta untuk wisatawan domestik dan 1.700 untuk wisatawan mancanegara.

Baca juga: Palembang andalkan 14 destinasi wisata sambut Asian Games

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018