Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim nasional U-23 Vietnam berhasil mengukir sejarah di Asian Games setelah berhasil lolos ke perempat final sepak bola putra untuk pertama kalinya sepanjang sejarah usai menaklukkan Bahrain 1-0 di 16 besar Asian Games 2018, Kamis.

Catatan manis yang ditorehkan di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat tersebut terwujud berkat gol pemain pengganti Nguyen Cong Phuong di menit ke-88.

Sebelumnya, baik timnas senior maupun timnas U-23 Vietnam belum pernah melaju ke babak delapan besar Asian Games sejak keikusertaan mereka pertama kali pada tahun 1978.

Sebagai informasi, sebelum tahun 1978, Vietnam sudah pernah berpartisipasi di Asian Games tetapi dengan nama Vietnam Selatan, di mana pada Asian Games 1958, Vietnam Selatan juga sukses masuk ke perempat final dan meraih posisi keempat pada Asian Games 1962.

Di perempatfinal Asian Games 2018, timnas U-23 Vietnam akan menghadapi timnas U-23 Suriah dalam laga yang digelar Minggu (26/7) di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat.

Adapun kemenangan Vietnam atas Bahrain didapatkan dengan tidak mudah meski Bahrain bermain dengan 10 pemain sejak Ahmed Sanad dikartu merah langsung oleh wasit yang menilainya melanggar Do Duy Manh dengan keras di menit ke-42.

Setelah 0-0 di babak pertama, Bahrain dan Vietnam tampil saling menyerang di paruh kedua.

Peluang demi peluang berhasil mereka ukir, tetapi Vietnam yang akhirnya membuat gol di menit ke-88 ketika Nguyen Cong Phuong, yang masuk menggantikan Luong Xuan Truong di menit ke-65, sukses menyambar bola pantul hasil tepisan kiper Bahrain Ammar Ahmed.

Tak ada gol tambahan sampai pertandingan tuntas. Timnas U-23 Vietnam pun berhak melaju ke delapan besar Asian Games 2018.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-23 Vietnam: Bui Tien Dung, Do Duy Manh, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Luong Xuan Truong (65', Nguyen Cong Phuong), Nguyen Van Quyet (kapten), Nguyen Anh Duc (55', Ha Duc Chinh), Pham Duc Huy, Vu Van Thanh, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc (77', Nguyen Van Toan).

Timnas U-23 Bahrain: Ammar Ahmed, Ahmed Bughammar, Husain Sabba, Hamad Alshamsan, Mohamed Marhoon, Ahmed Sanad, Mohammed Hardan (kapten), Jasim Alsalama (81', Abbas Alasfoor), Hasan Alkarrani, Hashim Hashim, Abdulrahman Ahmedi. ***4***

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018