"Kaca itu tidak boleh karena takutnya ada yang menggunakan untuk dilempar ke lapangan dan pecahannya melukai orang, besi dan logam berbahaya juga tidak boleh masuk. Lalu rokok dan korek gas itu karena kawasan ini bebas asap rokok,"
Palembang,  (ANTARA News) - Petugas keamanan di gerbang utama Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, masih menemukan dan menyita barang-barang "terlarang" yang akan dibawa oleh pengunjung ke arena pertandingan Asian Games 2018.

"Ya sampai hari ini masih banyak barang-barang yang memang terlarang untuk dibawa dan kami saring di sini," kata salah seorang petugas keamanan di gerbang utama Jakabaring Sport City, Bripda Thezzar di Palembang, Jumat.

Berdasarkan pengamatan, petugas di pintu masuk kompleks olahraga tersebut menyita barang-barang yang berunsur logam seperti kaleng dan peralatan makan, lalu wadah parfum dari kaca, spray, rokok, korek gas dan benda-benda tajam termasuk gunting kuku.

Barang-barang tersebut disita, kata dia, karena memiliki potensi berbahaya untuk dibawa ke arena pertandingan baik pada dirinya sendiri maupun orang lain. 

"Kaca itu tidak boleh karena takutnya ada yang menggunakan untuk dilempar ke lapangan dan pecahannya melukai orang, besi dan logam berbahaya juga tidak boleh masuk. Lalu rokok dan korek gas itu karena kawasan ini bebas asap rokok," ujarnya. 

Semua barang-barang tersebut ditahan di lokasi pemeriksaan untuk selanjutnya ditahan di pos keamanan di sekitar gerbang masuk.  "Semua barang-barang tersebut bisa diambil kembali nanti ketika pulang, namun kami tidak menjamin karena jika pergantian shift, barang-barang tersebut termasuk rokok akan dihancurkan. Jadi lebih baik tidak dibawa," ujarnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, benda-benda yang terlarang untuk dibawa ke dalam arena pertandingan Asian Games 2018 adalah bahan peledak dan perangkatnya (termasuk petasan/kembang api), senjata api dan bagian komponennya serta replikanya, amunisi, pistol dan magasin, kapsul detonator, detonator listrik, benda listrik yang mudah terbakar dan kabel detonasi, narkotika, benda tajam, proyektil, termasuk bumerang dan ketapel, zat beracun,  pelaralatan kejut listrik, tabung gas dan benda lain yang dianggap berbahaya.
(R030)

Baca juga: Pengamanan Asian Games Palembang tanpa hambatan

Baca juga: Polri jelaskan empat prioritas pengamanan Asian Games

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018