Ben Affleck dan pergulatan panjangnya melawan kecanduan

Ben Affleck dan pergulatan panjangnya melawan kecanduan

Ben Affleck di premier film "The Accountant"di TCL Chinese theatre, Hollywood, California AS (10/10/2016) (REUTERS/Mario Anzuoni/File Pho)

Tak perlu malu untuk dapat pertolongan"
Jakarta (ANTARA News) - Ben Affleck (46) sudah lama bergelut melawan kecandan alkohol, dia buka-bukaan soal itu di masa lalu.

Sebelum akhirnya masuk rehab lagi pada Rabu, Affleck terlihat menghadiri sejumlah pertemuan di berbagai pusat penyembuhan dan bekerja sama dengan pelatih untuk berhenti dari kecanduan selama setahun terakhir.

"Tak perlu malu untuk dapat pertolongan," katanya di unggahan Facebook pada 2017 usai dia menjalani rawat inap penyembuhan.

Di tempat rehab-nya yang baru, salah seorang sumber mengatakan pada People, "dia mau diobati. Dia tahu dia butuh bantuan dan dia tegas soal itu."

"Ini adalah perjuangan panjang, dia menanggapinya dengan serius," kata salah seorang kawan Affleck yang mengatakan bahwa dia sedang menjalani pengobatan kontinyu.

Pertama kali Aflleck direhab tahun 2001. Pada Maret 2017, dia mengumumkan bahwa dia sudah selesai menjalani pengobatan untuk kecanduan alkohol kedua kalinya.

"Saya sudah selesai menjalani pengobatan untuk kecanduan alkohol, satu hal yang saya harus hadapi di masa lalu dan akan terus saya lawan," tulis Affleck di Facebok.

"Saya ingin hidup bahagia dan jadi ayah terbaik yang saya bisa. Saya ingin anak-anak saya tahu kalau kita tak perlu malu minta tolong saat kita butuh, dan saya harap saya bisa jadi sumber kekuatan untuk siapa pun di luar sana yang butuh bantuan tapi takut memulai."

Pada November 2017, mantan istri Affleck, Jennifer Garner dan adiknya Casey Affleck menolong aktor Batman itu untuk kembali ke pengobatan selama beberapa hari.

"Dia minta tolong," kata salah satu anggota keluarga pada People saat itu. "Dia mau sembuh."

Affleck sangat terbuka soal ayahnya yang seorang pecandu alkohol dan betapa itu mempengaruhinya saat dia tumbuh besar.

"Ayah saya seorang pecandu alkohol.. Saya tahu itu saat kecil. Dia banyak minum. Ayah saya itu seorang-apa ya sebutannya-seorang alkoholik sejati. Dia, kau tahu, minum sepanjang hari, dan hebatnya, dia akhirnya sembuh," kata Affleck pada Barbara Walters pada sebuah wawancara di tahun 2012. "Dia tak lagi minum alkohol selama beberapa dekade. Itu mengesankan."

"Dia menjalani hidupnya dengan baik setelah itu," katanya pada The Mail di tahun 2008, "tapi punya masalah sebesar itu ya ada pengaruh besarnya-itu mewarnai Anda dan jadi bagian dari dirimu."

Affleck berterima kasih pada adiknya dan sahabatnya Matt Damon karena sudah membantunya mengalami masa-masa berat.

"Saya punya kawan-kawan yang baik. Saya punya Matt Damon, adik saya dan saya punya sedikit kawan masa kecil saya yang mendukung saya," katanya pada Walters.

Affleck juga bergantung pada Jennifer Garner (46) di samping urusan cerai mereka yang tertunda.

"Soal Jen, sederhana. Dia ingin Ben jadi ayah terbaik untuk anak-anaknya Violet (12), Seraphina (9) dan Samuel (6)," kata salah seornag keluarga. "Dia ingin Ben sehat."

Pada Rabu, Garner berkunjung ke rumah Affleck dan mengantarnya ke fasilitas pengobatan di Malibu.

Baca juga: Ben Affleck masuk rehabilitasi alkohol lagi

Baca juga: Ben Affleck bertekad atasi masalah kecanduan alkohol

Baca juga: Ben Affleck mundur dari kursi sutradara film Batman

Penerjemah: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar