counter

Cara pakai fitur email rahasia di Gmail

Cara pakai fitur email rahasia di Gmail

Gmail (Pixabay)

Jakarta (ANTARA News) - Gmail bukan saja memperbarui tampilan antarmuka mereka baru-baru ini, tapi juga menambah sejumlah fitur, salah satunya confidential mode atau pesan bersifat rahasia.

Fitur confidential mode di Gmail mirip dengan pesan temporer di aplikasi obrolan, pesan akan hilang dengan sendirinya setelah dibaca atau dalam kurun waktu yang telah diatur.

Google dalam laman mereka menuliskan pesan ini digunakan untuk melindungi informasi di dalamnya dari pihak-pihak yang tidak diberikan akses.

“Penerima pesan tidak bisa menggunakan fitur meneruskan, menyalin, mencetak dan mengunduh karena fitur tersebut dimatikan,” kata Google.

Cara pakainya, ketuk ikon menulis pesan seperti biasa, klik opsi titik tiga dan pilih “confidential mode”.
 
Fitur pesan rahasia "confidential mode" di Gmail, pesan akan hilang dalam kurun waktu tertentu. (ANTARA News/Tangkapan layar Gmail Android)



Setelah diklik, pengguna akan diminta untuk mengatur durasi waktu dan apakah pesan tersebut ingin diberi kata kunci. Jika memilih kata kunci melalui SMS, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor si penerima pesan.

 
Fitur pesan rahasia "confidential mode" di Gmail, pesan akan hilang dalam kurun waktu tertentu. (ANTARA News/Tangkapan layar Gmail Android)



Pengirim juga bisa menghapus akses untuk melihat email sebelum periode kedaluwarsa berakhir. Caranya, buka folder email terkirim dan buka pesan dengan confidential mode tersebut.

Klik “remove acces”, pesan tetap akan ada di kotak masuk penerima, tapi, dia tidak bisa lagi melihat isinya.

Perlu diketahui, meskipun fitur ini dibuat untuk melindungi kerahasiaan isi pesan, Gmail tidak memiliki sistem yang dapat melarang penerima email untuk mengambil tangkapan layar.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar