counter

LSI: Jokowi-Ma'ruf unggul di enam kategori pemilih muslim

LSI: Jokowi-Ma'ruf unggul di enam kategori pemilih muslim

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan) didampingi ketua umum dan sekjen partai pengusung memberikan keterangan pers usai mendaftarkan diri di gedung KPU, Jakarta, Jumat (10/8/2018). Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang diusung sembilan partai politik secara resmi mendaftar di KPU sebagai bakal calon presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc/18.

Jakarta (ANTARA News) - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dalam temuan terbarunya menyebutkan, pasangan bakal capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di enam kategori pemilih muslim di tanah air.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar kepada pers di Jakarta, Jumat, mengatakan, enam kategori yaitu kategori asosiasi dengan ormas Islam, kategori pandangan agama dan politik, kategori tipe negara ideal, kategori frekuensi praktik beribadah shalat, kategori membaca Alquran dan kategori tokoh panutan, bila dibandingkan dengan pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

LSI Denny JA kembali mengadakan survei pada 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden dan margin of error sebesar +/- 2,9 %. Survei dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia.

Survei juga dilengkapi penelitihan kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan in depth interview. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA.

Rully menjelaskan, kategori pertama adalah asosiasi pada ormas Islam. Di segmen NU, Jokowi-Ma'ruf unggul di 54,7% dibanding Prabowo-Sandi di angka 27,0%. Di segmen Muhammadiyah Jokowi-Ma'ruf unggul di 50%, dibandingkan Prabowo-Sandi di 35,7%. Satu segmen yang Prabowo-Sandi unggul yaitu di segmen (Persatuan Alumni) PA 212, Prabowo-Sandi di angka 61,1%, Jokowi-Ma'ruf 27,8%. Dalam kategori asosiasi pada ormas, Jokowi-Ma'ruf unggul di semua segmen kecuali di segmen di PA 212.

Kategori selanjutnya adalah pandangan soal agama dan politik. Segmen yang menyatakan agama dan politik adalah satu kesatuan. Mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf sebanyak 54,3%. Segmen yang mendukung Prabowo-Sandi sebanyak 32,4%. Segmen yang menyatakan agama harus terpisah dengan politik memperlihatkan hal yang sama, yaitu mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf dengan angka 60,5%, Prabowo-Sandi mendapat 28,7%. Dalam kategori pandangan agama dan politik, Jokowi-Ma'ruf unggul disemua segmen.

Kategori tipe ideal negara. Pendukung Demokrasi Pancasila memilih Jokowi-Ma'ruf, sebesar 54,2% dan Prabowo–Sandi sebesar 30,4%. Pendukung Indonesia harus seperti Timur Tengah memilih Jokowi-Ma'ruf sebesar 43,5%, Prabowo-Sandi sebesar 38,8%. Pendukung Demokrasi Liberal memilih Jokowi-Ma'ruf sebesar 48,0% dan Prabowo-Sandi 16,0%. Kategori berdasarkan tipe negara ideal, semua segmen mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar