Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola Arab Saudi meraih kemenangan 4-3 atas China dalam laga 16 besar sepak bola putra Asian GAmes XVIII/2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat sore.

Gol kemenangan bagi Arab Saudi dicetak oleh Camara pada menit 16, 34 dan 59 serta oleh Alselouli pada menit 28.

Sedangkan tiga gol China dicetak oleh Yao menit ke 80, pemain pengganti, Huang zicheng di menit 87 serta Wei Shihao di menit 90+3.

Gelandang Arab Saudi, Alselouli, membuka menit pertama dengan hentakan peluang gol hasil umpan pemain sayap, Alkhilaif ke jantung lawan.

Namun peluang tersebut gagal akibat sontekan pemain nomor punggung 11 di mulut gawang lawan membentur mistar China.

He Chao dan rekannya berupaya membangun peluang balasan dengan mengerahkan lini sayapnya, Chen Binbin dan Yao Junsheng menembus jantung pertahanan Saudi, namun kerap dipatahkan garda bertahan lawan.

Kebuntuan selama 15 pertama jalannya pertandingan pun pecah saat penyerang Saudi, Camara Haroune Moussa menggiring bola hasil unggul duel dengan pemain tengah lawan.

Lepas dari kawalan bek lawan membuat pemain berusia 20 tahun ini bergerak bebas menuju ke dalam kotak penalti yang dijaga Chen Wei.

Pergerakan cepat Camara membuat Chen kesulitan memprediksi titik lesatan bola yang bersarang tepat ke sudut gawang. Skor 1-0 untuk Saudi di menit 16.

Saudi berhasil menggandakan gol di menit 28 melalui duet penyerang Alselouli dan Ghareeb yang berpadu mengoyak pertahanan lawan di kotak penalti.

Umpan cepat Ghareeb di mulut gawang dengan sukses disontek Alselouli ke dalam gawang yang sulit dijangkau Chen. Skor 2-0 untuk Saudi.

Enam menit berselang, Camara memperoleh gol keduanya yang mengubah kedudukan papan skor menjadi 3-0 untuk Saudi.

Gol berlangsung saat terjadi kesalahan komunikasi antara bek, Gao Zunyi dan gelandang Liu Yiming saat mengolah pergerakan bola di kotak penalti China.

Bola liar tersebut disambar Camara dan menyepakannya ke tengah gawang yang kembali gagal diselamatkan Chen.

Skor 3-0 untuk keunggulan sementara Saudi di babak pertama hingga Wasit asal Korea, Kim Daeyong, meniup peluit sebagai tanda turun minum bagi pemain.

Usai berganti sisi lapangan, pelatih Maddaloni Massimilliano menyuplai stamina baru di lini tengah China dengan mengganti pemain Zhang Yuan oleh Feng Bouyuan.

Tertinggal tiga gol dibabak pertama membuat He Chao dan rekannya tampil lebih agresif melakukan tekanan ke gawang Saudi.

Fokus menyerang tersebut membuka celah di lini bertahan China yang dimanfaatkan lewat serangan kejut Saudi.

Chen harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya usai sepakan keras Camara di menit 59 bersarang ke sudut gawang.

Gol ketiga bagi Camara itu berasal dari umpan lambung rekannya di tengah lapangan, Ghareeb, yang berhasil memangkas lapis bertahan lawan. Skor 4-0 untuk Saudi.

China memperoleh gol perdananya lewat peluang tendangan bebas dari luar kotak penalti setelah dua bek Saudi menjegal seorang pemainnya hinga terjatuh.

Adalah Yao Junsheng yang sukses mengonversi peluang tendangan bebas tersebut ke pojok atas gawang Alyami hingga mengubah kedudukan papan skor 4-1 di menit 80.

Tujuh menit berselang, pemain pengganti, Huang Zichang, menyumbang gol kedua bagi China melalui sontekan tajam di mulut gawang hasil umpan pemain sayap. Skor 4-2 untuk keunggulan Saudi.

Raihan dua gol rupanya membuat China bermain lepas dari tekanan lawan, terbukti dengan gol ketiga yang disumbang oleh penyerang, Wei Shihao di 3 menit tambahan berakhirnya babak kedua.

Gol hasil umpan sayap itu diterjang Wei dari mulut gawang yang sulit dihalau Alyami.

Meski telah berjuang keras di menit akhir pertandingan, namun tim asuhan Maddaloni Massimillano itu harus berkemas pulang usai dikalahkan Saudi dengan skor akhir 4-3.

Berikut susunan pemain:

China: Chen Wei (GK), Liu Yang, Gao Zhunyi, Yaou Junsheng, Wi Shihao, He Chao (C), Zhang Yuning, Chen Binbin, Zhang Yuan, Liu Yiming, Deng Hanwen.

Arab Saudi: Alyami Mohammed Faray (GK), Tarmin Abdullah Hassun, Alyousif Abdullah Ahmed, Alamri Abdulelah Ali, Alharbi Yousef Saad, Ghareeb Abdurahman Abdullah, CamaraHaroune Moussa, Alkhulaif Ayman Shafiq, Alselouli Saad Ali, Alsaluli Awn Muylaq (C), Alomran Nasser Salman.
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018