Jakarta (ANTARA News) - Atlet Jetski asal Uni Emirat Arab, Alli Allanjawi, berhasil menyumbang medali emas dalam cabang olahraga jetski kelas Runabout Limited yang digelar di Ancol, Jakarta Utara, Jumat.

Dalam pertandingan jetski kelas Runabout Limited, Ali berhasil mengumpulkan total 214 poin dari empat babak yang telah dijalani atau moto 1, moto 2, moto 3, dan moto 4.

Adapun penghitungan poin yang diperoleh dalam pertandingan jetski yakni 60 bagi posisi pertama, 53 posisi kedua, dan 48 posisi ketiga.

Sementara dua atlet unggulan Indonesia Aero Sutan Aswar dan Aqsa Sutan Aswar harus puas meraih medali perak dan perunggu. Aero menempati posisi kedua dengan perolehan 188 poin dan Aqsa meraih 186 poin.

Dalam pertandingan babak terakhir atau moto 4, Indonesia sempat memiliki asa meraih emas. Pasalnya, Ali yang pada tiga babak sebelumnya mampu tampil mendominasi, justru harus memulai pertandingan di posisi juru kunci.

Ali harus menerima hukuman setelah ia melakukan kesalahan ketika memulai perlombaan. Ali dihukum memulai start lebih telat sekitar 3 detik dibanding atlet lain.

Kesempatan itu dimaksimalkan Aqsa dan Aero untuk memimpin pertandingan, keduanya berada di posisi satu dan tiga. Namun pada dua lap terakhir, jetski milik Aqsa mengalami masalah mesin dan tak bisa melanjutkan pertandingan.

Hingga lap berakhir, Wu Ronghua asal China menempati posisi pertama, Aero Sutan Aswar di posisi kedua, dan Ali Allanjawi di posisi ketiga. Sementara Aqsa hanya menempati posisi 8. Berdasarkan klasemen akhir penghitungan empat babak, Ali keluar sebagai juara.

Terdapat tiga emas lagi yang akan diperebutkan di tiga kelas berbeda yakni Runabout 1100 Stock, Ski Modified, dan Endurance Runabout Open.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018