Jakarta (ANTARA News) - Rikako Ikee memborong total enam medali emas bagi Jepang setelah menjadi yang tercepat sekaligus mencetak rekor baru Asian Games untuk renang nomor 50 meter gaya bebas putri dalam final di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Jumat malam.


Rekor waktu Ikee 24,53 detik mengalahkan rekor lama 24,87 detik yang dicatat perenang China Chen Xinyi dalam Asian Games 2014 Incheon.


Atlet 18 tahun itu bahkan mengalahkan Liu Xiang, unggulan China yang menciptakan rekor dunia baru nomor 50 meter gaya punggung putri dengan catatan waktu 26,98 detik dalam final Asian Games, Selasa (21/8).


Dengan capaian tersebut, Ikee mempersembahkan medali emas keenamnya untuk Jepang, setelah sebelumnya mengoleksi tiga emas untuk nomor 50 meter gaya bebas putri, 50 meter gaya kupu-kupu putri, dan 100 meter gaya kupu-kupu putri.
 

Selanjutnya dua emas untuk nomor 4x100 meter gaya bebas estafet putri dan 4x100 meter gaya ganti estafet putri.


Dalam final nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri, pemegang empat medali emas Kejuaraan Renang Asia 2016 Tokyo itu sebelumnya juga berhasil membuat rekor baru Asian Games dengan waktu 56,30 detik.


Tekad Ikee untuk berjaya dalam setiap kejuaraan tampak jelas saat dirinya mengaku "benci kekalahan".


"Saya akan menang dengan tekad yang kuat," kata dia.

Baca juga: Rikako Ikee ciptakan rekor baru 100 meter gaya kupu-kupu putri

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018