counter

Idrus harapkan Kemsos lebih berkiprah di tangan Agus

Idrus harapkan Kemsos lebih berkiprah di tangan Agus

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang yang mengenakan kemeja putih tiba di Kementerian Sosial untuk acara serah terima jabatan menteri. (ANTARA/ martha Herlinawati Simanjuntak)

Jakarta  (ANTARA News) - Mantan Menteri Sosial Idrus Marham berharap Kementerian Sosial (Kemsos) akan lebih berkiprah membangun bangsa di tangan menteri sosial yang baru dilantik Presiden Joko Widodo, yaitu Agus Gumiwang.

"Insya Allah, Kementerian Sosial ke depan di bawah kepemimpian kang Agus lebih dinamis lagi dan lebih berkiprah lagi," kata mantan Menteri Sosial Idrus Marham dalam sambutan di acara serah terima jabatan menteri sosial di Kementerian Sosial, Jakarta, Jumat.

Idrus Marham menyerahkan jabatan Menteri Sosial (Mensos) kepada Agus Gumiwang Kartasasmita dalam prosesi serah terima jabatan di Kementerian Sosial RI.

"Mestinya nanti kehadirannnya di Kementerian Sosial ini lebih dari saya," ujarnya.

Politikus Partai Golkar?Agus Gumiwang Kartasasmita telah dilantik Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Idrus Marham mengemban tugas sebagai menteri sosial di Istana Negara, Jumat.

Acara serah terima jabatan itu dihadiri oleh pejabat Kementerian Sosial RI seperti eselon I, II dan III.

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang tiba di Kementerian Sosial pada pukul 18.23 WIB untuk menghadiri acara serah terima jabatan.

Idrus mengundurkan diri dari jabatan menteri sosial karena ingin fokus mengikuti proses hukum terkait kasus korupsi dalam proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.

Idrus Marham dilantik sebagai Menteri Sosial pada 17 Januari 2018 menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang maju pada pemilihan gubernur Jawa Timur.

Agus Gumiwang Kartasasmita adalah putra dari politikus senior Golkar Ginandjar Kartasasmita. Agus pernah dipecat dari Golkar pada saat kepemimpinan Golkar di bawah Aburizal Bakrie karena mendukung Joko Widodo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Pelantikan Agus Gumiwang menjadi menteri sosial dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 148 Tahun 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial dalam Sisa Masa Jabatan Tahun 2014-2019.

Surat Keputusan Presiden yang mulai berlaku sejak ditetapkan oleh Presiden pada 24 Agustus 2018 itu mencakup pemberhentian Idrus sebagai menteri sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan 2014-2019 serta pengangkatan Agus Gumiwang sebagai menteri sosial Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan periode 2014-2019.

Baca juga: Presiden tugasi Agus Gumiwang tuntaskan penanganan dampak gempa Lombok
 Baca juga: Idrus Marham sampaikan surat pengunduran diri

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar