Jakarta (ANTARA News) - Satu lagi film bertema anak-anak yang akan meramaikan bioskop Tanah Air. "Petualangan Menangkap Petir" tidak hanya memberi pelajaran bagi anak-anak tapi juga para orangtua untuk mengetahui passion sang anak.

"Petualangan Menangkap Petir" bercerita tentang petualangan seorang anak bernama Sterling (Bima Azriel) bersama teman-temannya dalam meraih mimpi yakni membuat sebuah film. Dalam film tersebut, tersirat isu tren digital pada anak-anak Indonesia serta mengangkat keindahan Indonesia dari sisi pedesaan Boyolali dan legendanya.

Baca juga: Lagu Endank Soekamti dijadikan soundtrack film anak-anak

Di sini Sterling adalah seorang anak asosial yang tinggal di Hong Kong. Lalu, karena takut anaknya tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar, sang ayah (Darius Sinathrya) memutuskan untuk pulang ke Indonesia, di tempat sang kakek di Boyolali, Jawa Tengah.

Di sini, Sterling bertemu dengan teman-teman baru yakni Neta (Zara Leola) dan Gianto (Fatih Unru) yang mengajaknya berpetualang. Di Boyolali, Sterling dan teman-temannya berpetualang hingga mendapat ide untuk membuat sebuah film lewat bimbingan Om Arifin (Abimana Aryasatya).

Baca juga: Abimana dkk tak terbebani sukses Warkop DKI Reborn

Sayangnya, ibunda Sterling (Putri Ayudya) tidak suka dengan impian anaknya karena overprotected. Dia malah lebih suka anaknya bermain dengan gadget atau membuat vlog ketimbang film.

Film arahan Kuntz Agus ini memaparkan realita anak masa kini yang ketergantungan dengan gadget. Padahal, jika mereka dikenalkan dengan serunya bermain dengan alam, mereka bisa menggunakan mengendalikan kemajuan teknologi menjadi sebuah karya yang bisa dihargai.

Di sisi lain, para orang tua juga disentil untuk bisa memahami apa yang diinginkan oleh sang anak. Caranya tentu dengan berkomunikasi anak, bukan memaksakan kehendak.

Baca juga: Vino Bastian, Abimana dan Indro sambut Tora Sudiro

Baca juga: Kenangan Abimana Aryasatya tentang guru (video)


"Yang harus dicatat dari film ini, orangtua harus mendukung kemauan anak tapi lupa bertanya apa passion anaknya. Di sini juga diperlihatkan gimana kita mengontrol teknologi, bukan kita yang dikontrol. Film ini juga mensupport kearifan lokal," terang Abimana yang juga bertindak sebagai produser usai media screening di Jakarta.

Selain nama-nama di atas, "Petualang Menangkap Petir" juga melibatkan Slamet Rahardjo dan Arie Kriting. Film bikinan rumah produksi Fourcolours Film ini mulai tayang pada 30 Agustus 2018.
 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018