Jakarta (ANTARA News) - Windows 95 sekarang menjadi sistem operasi atau OS yang sekarang dijadikan barometer bagi calon gadget dan platform modern. Kita pernah melihat OS populer yang muncul di Apple Watch, Android Wear Smartwatch dan bahkan Xbox One.

Sekarang, seseorang mengambil tindakan lebih jauh dan menjadikan Windows 95 sebagai aplikasi yang bisa Anda jalankan di macOS, Windows dan Linux.

Felix Rieseberg dari perusahaan pengembang aplikasi Slack bertanggung jawab atas aplikasi hebat ini, memungkinkan para pecinta nostalgia mengutak-atik Windows 95 sebagai sebuah applikasi elektron.

Rieseberg telah merilis source coding dan app installers untuk proyek ini di Github, serta  applikasi seperti Wordpad, phone dialer, MS Paint dan Minesweeper semuanya berjalan normal seperti Anda harapkan.

Sayangnya, fitur Internet Explorer-nya tidak berjalan mengingat fitur ini menolak untuk menampilkan halaman situs.

Aplikasi ini hanya berukuran 129MB dan Anda bisa mengunduhnya di Github untuk OS macOS dan Windows. Setelah aplikasi ini berjalan, Windows 95 hanya mengambil RAM sekitar 200MB, bahkan ketika aplikasi tersebut menjalankan semua utilitas sistem, aplikasi dan game di Windows 95.

Jika Anda mengalami kendala dengan applikasi ini, Anda bisa langsung mereset Windows 95 dalam aplikasi tersebut serta mengaktifkannya kembali., demikian dilaporkan The Verge.

Baca juga: Asus lengkapi seluruh tipe notebook dengan Windows 10

Penerjemah: Aji Cakti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018