Jakarta (ANTARA News) - Riuh suara suporter mengiringi perjuangan perenang China Sun Yang setelah meraih kemenangan dalam final nomor 1.500 meter gaya bebas putra di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Jumat malam.

Para suporter yang mengenakan atasan berwarna merah sambil membawa bendera yang juga berwarna merah dengan tulisan "Sun Yang" tidak henti meneriakkan nama atlet pemegang tiga medali emas Olimpiade itu.

"Penampilannya sangat keren, dia sempurna," kata Lu Mi, seorang suporter yang terbang dari China khusus untuk menyaksikan sang idola berkompetisi dalam Asian Games tahun ini.

Lu dan rombongannya yang berjumlah sekitar 70 orang memuji prestasi Sun Yang yang finis tercepat dengan waktu 14 menit 58,53 detik dan menyumbangkan emas keempatnya untuk China.

Bagi Lu pribadi, Sun Yang adalah sosok yang menginspirasi.

"Dia adalah alasan saya menyukai renang, padahal sebelumnya saya sama sekali tidak tertarik pada olahraga," tutur Lu.

Selain rombongan Lu, ratusan pendukung Sun Yang yang memadati tribun penonton juga menyaksikan performa tiga pemegang medali emas Olimpiade itu.

Sun Yang berjaya pada Asian Games tahun ini dengan perolehan empat medali emas spesialisasi gaya bebas nomor 200 meter, 400  meter, 800 meter, dan 1.500 meter.

Atlet 26 tahun yang selalu merayakan kemenangan dengan membentangkan bendera negaranya itu juga membantu tim China merebut medali perak pada nomor 4x200 meter gaya bebas estafet putra.

Koleksi medali emas dari Asian Games tahun ini disebutnya "sudah sesuai hasil yang diinginkan".

"Dengan hasil ini saya telah membayar upaya pelatih yang setahun terakhir bekerja bersama saya," kata Sun.  ***4***

Baca juga: Sun Yang penuhi target empat emas renang Asian Games

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018