Jakarta (ANTARA News) - Dua tim dari negara China dan Jepang tampil perkasa pada fase penyisihan grup cabang olahraga basket 3X3 putra Asian Games 2018, dengan reputasi sebagai tim yang belum pernah terkalahkan.

Tim putra China tergabung dalam grup A, bersama dengan Thailand, Indonesia, Sri Lanka dan Vietnam

Tim putra China keluar sebagai juara Grup A, setelah menyapu bersih empat pertandingan babak penyisihan dengan hasil kemenangan. Posisi kedua Grup A disandang Thailand dan akan mendampingi China ke babak delapan besar.

Sementara nasib timnas Indonesia harus puasa berada di posisi ketiga, disusul Sri Lanka dan Vietnam, dan harus terhenti hingga fase grup.

Tim putra Jepang juga memastikan menjadi juara Grup C dengan raihan lima kali kemenangan, dari lima kali pertandingan yang telah dilaluinya.

Untuk posisi runner- up Grup C ditempati tim Qatar dengan raihan empat kali kemenangan.

Sementara, tim Suriah, Nepal dan Yordania berada di urutan 3, 4 dan 5 Grup C dan harus keluar arena babak selanjutnya.

Perebutan posisi dua besar masih terjadi di grup B yang baru menuntaskan dua pertandingan.

Untuk posisi klasemen grup B, peringkat pertama disandang oleh tim Korea Selatan dengan raihan dua kali kemenangan, disusul Chinese Taipei dengan satu kali kemenangan, berikutnya Kyrgyzstan dan Mongolia juga dengan satu kali kemenangan dan terakhir Bangladesh dengan tanpa kemenangan.

Persaingan juga terjadi di Grup D, yang menempatkan Iran dan Irak di posisi teratas.

Empat tim lainya yakni Turkmenistan, Malaysia, Kazakhsatan, dan Afganistan masih punya potensi untuk merebut posisi dua besar.

Pertandingan lanjutan fase grup B dan D basket 3x3 putra akan berlangsung pada Sabtu, 25/8 di arena Tennis Center Court, Senayan.

Baca juga: Indonesia putra gagal tembus delapan besar

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018