counter

Mensos Agus: Kemsos instrumen utama wujudkan Indonesia mandiri

Mensos Agus: Kemsos instrumen utama wujudkan Indonesia mandiri

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) berjabat tangan dengan pejabat lama Idrus Marham (kanan) saat serah terima jabatan di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Jumat (24/8/2018). Agus Gumiwang Kartasasmita resmi menjabat sebagai Menteri Sosial mengantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri untuk menyelesaikan masalah hukumnya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial RI yang baru dilantik, Agus Gumiwang Kartasasmita, mendorong Kementerian Sosial (Kemsos) sebagai instrumen utama mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan mandiri sesuai dengan Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kementerian Sosial harus menjadi instrumen utama dalam mewujudkan visi Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan nilai gotong royong sesuai dengan Nawacita yang dicanangkan oleh bapak Joko Widodo dan Jusuf Kalla," kata Agus dalam acara serah terima jabatan di Kementerian Sosial, Jakarta, Jumat.

Agus mengatakan semua pihak harus senantiasa semangat dan optimis mampu mewujudkan visi tersebut.

Menurut dia, semua pihak harus saling gotong royong dan bekerja sama menorehkan capaian-capaian positif yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

"Negara ini didirikan dan dibangun dengan semangat juang dan optimisme, yang paling penting optimisme bukan dengan ketakutan dan pesimisme," tuturnya.

Dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu negeri Indonesia bahkan dalam masa tahun politik menjelang Pemilihan Presiden 2019.

Menurut dia, bangsa Indonesia masih memiliki banyak pekerjaan rumah di bidang sosial khususnya terkait penanggulangan kemiskinan yang harus segera dituntaskan.

"Meski saat ini kita masuk ke tahun politik, adanya perbedaan politik sepatutnya tidak melunturkan kebersamaan dan kegotongroyongan kita menuntaskan masalah-masalah sosial yang menjadi tugas kita bersama," ujarnya.

Baca juga: Idrus harapkan Kemsos lebih berkiprah di tangan Agus

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ke Rumah Sakit MMC, Idrus Marham tidak diborgol

Komentar