Jakarta (ANTARA News) - Iran berhasil memenangi pertandingan tunggal penyisihan Grup B bola basket putra Asian Games 2018 dengan menundukkan Suriah 68-55 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan. Jakarta, Sabtu.

Dalam kemenangan atas Suriah, Sajjad Mashayekhi memimpin raihan angka dengan 17 poin dan 6 assist, diikuti 14 poin serta 5 rebound dari Behnam Yakhchalidehkordi.

Mantan penggawa Memphis Grizzlies dan Phoneix Suns, Hamed Ehdadi, turut menyumbangkan double-double 12 poin dan 10 rebound, sedangkan kapten tim Mohammadsamad Nikkhahbahrami mencetak 11 poin.

Sebaliknya bagi Suriah Abdulwahab Alhamwi tampil dominan dengan raihan double-double 19 poin dan 10 rebound, namun hanya memperoleh bantuan 12 poin dari Anthouny Bakar.

Kemenangan itu membuat Iran menutup fase penyisihan sebagai jawara Grup B, sementara Suriah runner-up dan keduanya tetap lolos ke perempat final.

Di perempat final, lawan kedua tim masih ditentukan hasil pertandingan antara Qatar kontra Chinese Taipei di Grup C, yang baru satu tim yang dipastikan lolos yakni Jepang meski belum putus sebagai peringkat pertama atau kedua.

Iran sebagai jawara Grup B akan menghadapi runner-up Grup C, sementara Suriah bakal meladeni jawara Grup C, di rangkaian pertandingan perempat final yang seluruhnya dilangsungkan pada Senin (27/8).

Baca juga: Jadwal basket putra hari ini, dua tiket perempat final diperebutkan

Ehdadi membuka pertandingan dengan cara terbaik yakni menghempaskan dunk setelah menerima umpan kiriman Mohammad Jamshidijafarabadi, demi memberikan keunggulan bagi Iran yang sejak itu melesat mengungguli Suriah 10-4 di separuh awal kuarter pertama.

Dua lemparan bebas Ehdadi yang dilanggar Alhamwi menutup kuarter pertama dengan skor 16-9 untuk keunggulan Iran.

Suriah memberikan perlawanan dan merangsek mendekati raihan poin Iran 19-21 di sisa waktu 4 menit 10 detik kuarter kedua lewat lay up Bakar yang mengakhiri sebuah serangan fast break.

Namun Iran kembali menjauh dan mengakhiri paruh pertama pertandingan dalam keunggulan 30-23.

Upaya keras Suriah memangkas jarak tak membuahkan hasil di kuarter ketiga, yang terjadi malah Iran kian menjauh berbekal 22 poin tambahan dalam skor sementara 52-38.

Suriah memang mengungguli perolehan poin 17-16 di kuarter pamungkas, namun Iran tetap keluar sebagai pemenang pertandingan dengan skor akhir 68-55.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018