counter

Info haji

Laporan dari Mekkah - PPIH fasilitasi transportasi jamaah dari Mekkah ke Madinah

Laporan dari Mekkah - PPIH fasilitasi transportasi jamaah dari Mekkah ke Madinah

Ilustrasi - Bus pengangkut jamaah haji di salah satu terminal di Kota Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/Anom Prihantoro)

Mekkah, Arab Saudi (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyiapkan bus untuk memfasilitasi jamaah haji Indonesia berpindah dari Mekkah ke Madinah mulai 31 Agustus 2018.

"Kami sudah minta agar bus-bus sudah merapat di hotel jamaah dua jam sebelum keberangkatan," kata Kepala Bidang Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Chalid di Mekkah, Sabtu.

Jamaah haji dalam kelompok terbang yang berangkat ke Tanah Suci pada gelombang kedua (30 Juli-15 Agustus), setelah berada di Mekkah dan menunaikan ibadah haji akan menuju ke Madinah untuk beribadah dan berziarah.

Subhan mengatakan pengangkutan jamaah dari Mekkah ke Madinah akan dilakukan dalam tiga gelombang. Pada tahap awal akan ada 7.331 orang dari 18 kelompok terbang jamaah yang bergerak ke Madinah.

Jamaah asal Surabaya (Kloter SUB-38), lanjut dia, akan menjadi rombongan pertama yang berangkat menuju Madinah.

Ia menambahkan petugas panitia lokal akan membawakan barang-barang jamaah dari hotel ke bagasi bus sehingga mereka tidak perlu repot mengangkatnya sendiri.

Subhan mengingatkan jamaah untuk memastikan tidak ada barang yang tertinggal, khusus dokumen seperti visa, paspor, buku kesehatan dan barang penting lainnya.

Selanjutnya, setelah selama 40 hari berada di Mekkah dan Madinah, mereka akan kembali ke Tanah Air secara bertahap mulai 8 September sampai 24 September dari Bandara AMMA Madinah.

Sementara jamaah dalam kelompok terbang yang berangkat ke Tanah Suci pada gelombang pertama, setelah berada di Madinah dan Mekkah selama 40 hari akan mulai kembali ke Tanah Air secara bertahap dari 26 Agustus sampai 7 September melalui Bandara KAAIA Jeddah.

Baca juga:
PPIH Saudi tegur penyedia bus

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Bus Shalawat kembali beroperasi layani jamaah haji Indonesia

Komentar