"Tadi di set keempat saya sempat kendor, namun itu juga bagian dari strategi agar saat bertemu lawan kuat dan diangka segitu tidak lagi kaget",
Jakarta (ANTARA News) - Tim tenis meja putra Indonesia yang tergabung dalam grup 3 memulai debut yang baik dengan menundukkan Yaman dalam babak pertama beregu putra Tenis Meja Asian Games 18 di Hall B Kemayoran Jakarta, Minggu dengan skor telak 3-0.
     
Bermaterikan atlet Muhammad Bima Abdinegara, Ficky Supit dan Donny Prasetyo, Indonesia terlalu tangguh bagi Yaman dengan hanya memberikan satu set kemenangan dari sepuluh set yang terjadi di tiga pertandingan tersebut.
     
Bima yang dipercaya sebagai petenis meja pertama, sukses mengalahkan Ali Omar Ahmed dengan skor 3-1, (11-4, 12-14, 14-12 dan 13-11) melalui pertarungan ketat dan saling adu pukulan.
     
"Tadi di set keempat saya sempat kendor, namun itu juga bagian dari strategi agar saat bertemu lawan kuat dan diangka segitu tidak lagi kaget atau takut," ujar Bima usai pertandingan.
     
Secara kualitas, kemampuan petenis meja Indonesia lebih bagus dari Yaman. Ia menyatakan dalam bertanding membela nama negara serta disaksikan banyak orang terkadang perlu waktu agak lama mendapatkan suasana lapangan, irama bola dan kepekaan.
     
Di tunggal kedua Ficky Supit terlalu tangguh buat Aldubhani Muneer Ahmed Ali. Ficky mempecundangi Aldubhani dengan skor 3-0 (11-7, 118, dan 11-3). Poin Vicky banyak didapat dari serangan menggunalan pukulan putaran kencang serta membalasan pukulan lawan juga dengan smes keras hingga sulit dikembalikan.
     
Di partai ke tiga Donny Prasetyo Aji mengalahkan Almahaqeri Taha Mohammed dengan skor 3-0 (11-8, 11-9 dan 11-7). Donny yang mengandalkan pukulan putaran kencang kiri sukses mendapatkan banyak poin, begitu juga dengan serangan Taha bisa diblok hingga menghasilkan poin.  
     
Indonesia masih harus berhadapan dengan Korea Selatan, Mongolia dan Hongkong di grup 3. Juara dan runner up dari masing-masing grup akan maju ke babak selanjutnya.
     
Hasil lain pada pertandingan beregu putra Minggu siang yaitu di grup 3 Korea Selatan mengalahkan Mongolia 3-0. Grup 1 China mengalahkan Nepal 3-0, Malaysia mengalahkan Laos 3-0. Di Grup 2 Jepang mengalahkan Maldives 3-0, Thailand mengalahkan Kirgistan 3-0. Grup 4 Macau China dikalahkan Chinese Taipei 0-3 dan Vietnam mengalahkan Uni Emirat Arab 3-0.

Baca juga: Tenis meja putri Indonesia menyerah dari Korea Selatan
Baca juga: Petenis meja Indonesia siap penuhi target medali

Pewarta: Maswandi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018